Ganggu Kenyamanan, 147.380 Knalpot Brong Disita

- Senin, 19 September 2022 | 18:53 WIB
Sejumlah barang bukti berupa knalpot brong diamankan petugas yang dirilis di Mapolda Jateng dalam rangka hari Lalu Lintas ke-67, Senin (19/9). (Foto dokumentasi) (SMSolo/dok)
Sejumlah barang bukti berupa knalpot brong diamankan petugas yang dirilis di Mapolda Jateng dalam rangka hari Lalu Lintas ke-67, Senin (19/9). (Foto dokumentasi) (SMSolo/dok)

SEMARANG, suaramerdeka-solo.com - Polda Jateng bersama jajaran dibawahnya tak main-main dalam menindak pengemudi motor yang knalpotnya dibrong.

Dalam operasi selama tahun 2022, setidaknya ada 147.380 pengemudi motor yang menggunakan knalpot brong di 35 polres se-Jawa Tengah.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengemukakan, penegakan hukum bagi kendaraan dengan knalpot brong dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat.

Baca Juga: Persiapan Pemenangan Pemilu 2024 di Semarang, Ganjar Pranowo Ditinggal PDIP

"Penegakan hukum bukan untuk menghukum tetapi dalam rangka mewujudkan lalu lintas yang aman selamat tertib dan lancar di wilayah Jawa Tengah," tegasnya saat konferensi pers bidang lalu lintas dalam rangka hari Lalu Lintas ke-67 di Mapolda Jateng, Senin (19/9).

Ditambahkan Kapolda, puluhan ribu knalpot brong diamankan karena menimbulkan suara bising dan mengganggu masyarakat lainnya.

Baca Juga: Permohonan Banding Ferdy Sambo Ditolak Komisi KKEP. Sambo Dipecat!

"Jika tindakan tidak dilakukan bisa mengakibatkan gesekan emosional, mengganggu konsentrasi kendaraan lain dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan," tambahnya.

Meskipun demikian, lanjut Kapolda, penindakan dilakukan secara edukatif dan humanis.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryonugroho menambahkan, kebijakan zero knalpot brong oleh Polda Jateng mendapat dukungan dari masyarakat luas.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Batang, Sebuah Mobil Terseret Arus Banjir

Sabtu, 12 November 2022 | 19:11 WIB

Angin Kencang Menerjang Pati, Sejumlah Bangunan Rusak

Selasa, 8 November 2022 | 11:58 WIB

Waduh! Ada Begal di Jalur Pendakian Merbabu?

Minggu, 16 Oktober 2022 | 23:45 WIB
X