Kapolda Jawa Tengah Kerahkan Jajaran Lalu Lintas untuk Mengurangi Kecelakaan di Tol

- Kamis, 22 September 2022 | 16:12 WIB
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abioso Senoadji dan Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Kamis (22/9). (SMSolo/dok)
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abioso Senoadji dan Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Kamis (22/9). (SMSolo/dok)

SEMARANG, suaramerdeka-solo.com - Jajaran lalu lintas menjadi leading sector dalam upaya mengurangi fatalitas korban laka di jalan raya, dengan menggandeng instansi lain terkait.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menegaskan hal itu kepada media saat peluncuran ETLE Nasional Presisi di Mapolda setempat, Kamis (22/9).

Pada acara yang dikemasan dalam tasyakuran HUT Lalu Lintas itu, Kapolda mengatakan, fatalitas di jalan raya berkait dengan kesadaran masyarakat berlalu lintas.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan, Putra Jamintel Kejagung Pernah Kuliah di UNS

"Saat ini di Jateng ada lima kejadian laka menonjol. Semuanya sudah tertangani. Untuk upaya edukasi para masyarakat kita menggandeng stakeholder terkait," kata dia.

Lima kecelakaan menonjol itu terjadi di Pemalang, Batang, Boyolali, Wonosobo, serta di Km 253 tol Pejagan- Pemalang.

Kapolda mengatakan, untuk mengurangi resiko korban jiwa di jalan raya harus dilakukan melalui upaya menyeluruh yaitu dengan menyertakan kegiatan preemtif dan preventif.

Baca Juga: Kecelakaan Tol Pejagan Disebabkan Asap Tebal, Ganjar: Jangan Bakar Jerami Dekat Jalan Tol  

"Kita libatkan instansi terkait seperti Pemda. Sedangkan jajaran Satuan Lalu Lintas mulai Brebes sampai Rembang akan turun memberikan imbauan pada masyarakat, khususnya yang memiliki lahan atau persawahan di samping jalan tol atau jalan raya," lanjutnya.

Terkait kecelakaan di jalan tol, Kapolda mengatakan sistem one way di jalan dirancang untuk tidak menemui banyak hambatan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganggu Kenyamanan, 147.380 Knalpot Brong Disita

Senin, 19 September 2022 | 18:53 WIB
X