Festival Pencak Silat Jawa Tengah, Enam Kontingen Bersaing di Kota Lama

- Sabtu, 24 September 2022 | 17:19 WIB
Tim seni IPSI Jateng mengawali Festival Pencak Silat 2022 yang digelar di Kota Lama Semarang, Sabtu (24/9). (SMSolo/dok IPSI Jateng)
Tim seni IPSI Jateng mengawali Festival Pencak Silat 2022 yang digelar di Kota Lama Semarang, Sabtu (24/9). (SMSolo/dok IPSI Jateng)

SEMARANG, suaramerdeka-solo.com – Enam kontingen pencak silat dari kota/kabupaten di Jateng bersaing dalam Festival Pencak Silat Jawa Tengah 2022.

Mereka berujuk kreasi ketrampilan beladiri sekaligus dikemas dalam performa teatrikal di gedung Oudetrap kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (24/9). Ajang tersebut digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng bekerja sama dengan Pengprov Ikatan Pencak Silat (IPSI) Jateng.

Tim-tim kontestan itu adalah IPSI Kota Semarang, IPSI Kudus, IPSI Banjarnegara, IPSI Sukoharjo, IPSI Boyolali dan IPSI Wonogiri.

Baca Juga: Pulang, Juara Dunia Pencak Silat Khoirudin Mustakim Disambut Meriah

‘’Kami respek terhadap Disdikbud Jateng yang turut melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia yang adiluhung,’’ kata Kabid Kepelatihan IPSI Jateng Haris Nugroho, mewakili Ketua Umum Harry Nuryanto Soediro.

Dosen Fakultas Keolahragaan (FKor) UNS Solo itu menambahkan, ada empat aspek dalam pencak silat, yakni olahraga, seni, beladiri dan mental spiritual.

‘’Festival seperti ini jarang digelar, sehingga kami respek terhadap Disdikbud Jateng. Selama ini, yang banyak digelar adalah kejuaraan pencak silat dari aspek olahraga,’’ tutur Haris.

Baca Juga: Obati Hasil SEA Games, Ini Daftar Peraih Medali Indonesia di Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022

Kabid Pembinaan Kebudayaan Disdikbud Jateng Ernis Yunianto menyebut festival itu sekaligus sebagai wujud manifestasi Pancasila.

‘’Siapa pun yang belajar pencak silat adalah insan Pancasila. Karena dalam pencak silat ada unsur-unsur doa, kasih sayang, bersatu, musyarawah dan keadilan dalam pembagian peran,’’ ujarnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Batang, Sebuah Mobil Terseret Arus Banjir

Sabtu, 12 November 2022 | 19:11 WIB

Angin Kencang Menerjang Pati, Sejumlah Bangunan Rusak

Selasa, 8 November 2022 | 11:58 WIB

Waduh! Ada Begal di Jalur Pendakian Merbabu?

Minggu, 16 Oktober 2022 | 23:45 WIB
X