Waduh! Ada Begal di Jalur Pendakian Merbabu?

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 23:45 WIB
Video vital yang menyebut ada bekal di jalur pendakian ke puncak Merbabu. (Tangkapan twitter @pendakilawas)
Video vital yang menyebut ada bekal di jalur pendakian ke puncak Merbabu. (Tangkapan twitter @pendakilawas)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Dugaan adanya begal logistik menggegerkan kalangan pendaki Gunung Merbabu via jalur Suwanting, Magelang.

Video yang menyebut keberadaan begal di jalur pendakian itu bahkan sempat viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 20 detik tersebut terlihat seorang laki-laki. Video juga memperlihatkan barang-barang seperti korek dan lainnya, serta tenda putih berupa flysheet putih di tengah-tengah sabana.

Baca Juga: Pendaki Gunung Merbabu asal Cengkareng Tewas. Ini Penyebabnya

Lelaki tersebut diduga sebagai begal pendakian. Diduga dia mengambil logistik serta alat-alat mendaki.
 
Terkait video tersebut, Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Johan Setiawan mengaku telah menindaklanjutinya. Saat ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Temuan terduga pelaku tersebut di sekitar pos tiga.

"Ya, kita sudah tahu identitasnya, sudah tahu, dan yang di resort juga sudah koordinasi dengan kapolsek setempat. Tinggal menunggu langkah-langkah (Nantinya,red). Kan, harus ada bukti juga, tidak hanya sebatas viral," katanya, Minggu (16/10).

Baca Juga: Haram, Pendakian ke Puncak Merbabu Lewat Timboa! Ini Alasannya
 
Dia menjelaskan, laporan masyarakat tersebut telah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian. Kejadian tersebut memang meresahkan pendaki.

Pihaknya telah mengantongi identitas pelaku. Namun, pihaknya belum berani menyatakan hal tersebut sebagai tindak pencurian.
 
"Belum dapat laporan resmi, hanya dapat informasi-informasi begitu ya. Kehilangannya apa saja, kita belum dapat laporan resmi. Hanya informasinya itu, hanya minta makanan logistik. Kita akan evaluasi," ungkap Johan Setiawan.

Petugas resort juga telah melakukan pendekatan, pengumpulan informasi yang valid, guna menetukan langkah selanjutnya. Pihaknya juga tidak menangkap tangan dan informasi bukti-bukti yang menjadi data dukung.

Baca Juga: Misteri Tangga Batu Alam ke Puncak Merbabu, Penetapan Jalur Ilegal via Timboa Diapresiasi BHS

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun 2022 Semarang Dikepung Banjir!

Sabtu, 31 Desember 2022 | 17:57 WIB
X