Hari Kesehatan Nasional tingkat Jateng: Pencegahan Penyakit Menjadi Cara Termurah

- Rabu, 30 November 2022 | 19:54 WIB
Sejumlah pihak, termasuk Suara Merdeka yang diwakili Pemred Gunawan Permadi menerima penghargaan pada Hari Kesehatan Nasional tingkat Jateng di Sragen, Rabu (30/11). (SMSolo/Anindito AN)
Sejumlah pihak, termasuk Suara Merdeka yang diwakili Pemred Gunawan Permadi menerima penghargaan pada Hari Kesehatan Nasional tingkat Jateng di Sragen, Rabu (30/11). (SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Provinsi Jateng dipusatkan di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen, Rabu (30/11).

Sekda Jateng Sumarno mengungkapkan, meski layanan kesehatan itu gratis karena adanya BPJS, namun masyarakat harus mengutamakan pencegahan penyakit.

''Kader kesehatan dan posyandu sebagai ujung tombak kesehatan harus diberdayakan, karena sangat berperan dalam pencegahan penyakit,'' kata dia mewakili Gubernur Ganjar Pranowo, Rabu (30/11).

Baca Juga: Tolak Omnibus Law RUU Kesehatan, Dokter dan Profesional Kesehatan ke DPRD Karanganyar

Hadir pada peringatan bertema ''Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku'' itu antara lain Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yunita Dyah Suminar, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wabup Suroto, Sekda Hargiyanto, para Kepala Dinkes Se-Jateng dan para Dirut RS

Yunita mengatakan, sinergi transformasi sistem layanan kesehatan yang ditekankan Kemenkes saat ini bergeser dari dari kuratif rehabilitatif menjadi promotif preventif. Maksudnya mengutamakan pencegahan penyakit, dibanding mengobati.

''Karena pencegahan penyakit menjadi cara termurah,'' terang Yunita Dyah Suminar didampingi Sekda Sragen dr Hargiyanto.

Baca Juga: 2.500 Nakes Meriahkan Gerak Jalan Sehat Hari Kesehatan Nasional Ke-58

Jika orang datang ke rumah sakit dalam keadaan sakit, seperti terkena sroke, diabetes atau serangan jantung, maka upaya kuratif menjadi mahal.

Berbeda jika ada upaya pencegahan dengan berolahraga teratur, makan teratur dan istirahat cukup, maka bisa terhindar dari penyakit, dinilai sangat murah.

''Jadi tidak datang dalam keadaan sakit,'' tuturnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penghujung Tahun 2022 Semarang Dikepung Banjir!

Sabtu, 31 Desember 2022 | 17:57 WIB
X