Tujuh MPP Diresmikan MenPan-RB di Sragen, Ijab Kabul Pun Digelar

- Senin, 20 Februari 2023 | 21:32 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan MenPan-RB Abdullah Azwar Anas, serta Bupati Sragen Yuni ikut menyaksikan nikah pasangan Lulik - Suparmini di Balai Nikah lantai II MPP Askara Bumi Sukowati Sragen, Senin (20/2).  (SMSolo/Anindito AN)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan MenPan-RB Abdullah Azwar Anas, serta Bupati Sragen Yuni ikut menyaksikan nikah pasangan Lulik - Suparmini di Balai Nikah lantai II MPP Askara Bumi Sukowati Sragen, Senin (20/2). (SMSolo/Anindito AN)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Annas meresmikan tujuh Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jawa Tengah. Peresmian dipusatkan di Sragen, Senin (20/2).

Tujuh MPP yang diresmikan itu MPP Askara Bumi Sukowati Sragen, MPP Demak, MPP Pekalongan, MPP Pemalang, MPP Kabupaten Semarang, MPP Purbalingga dan MPP Wonogiri.

Usai meresmikan tujuh MPP yang dipusatkan di MPP Askara Bumi Sukowati Sragen, Menteri didampingi Gubernur Ganjar Pranowo dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyaksikan ijab kabul pernikahan Lulik-Suparmini di balai nikah MPP setempat.

Baca Juga: MPP Askara Bumi Sukowati Dibuka, Bisa Jadi Kebanggan Pelayanan Publik Sragen

''Ini kejutan, nanti setelah menikah dapat sumbangan dari Pak Menteri,'' kelakar Ganjar.

Ganjar dengan gaya candanya yang kocak, bahkan ikut menjadi saksi nikah Lulik-Suparmini. Terlihat hadir di Balai Nikah Lantai II MPP itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno.

Selain itu, Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Sekda Pekalongan M Yulian AKbar, serta Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat.

Baca Juga: Puji MPP Klaten, Ganjar: Jangan Sampai Ada Yang Dipersulit Urus Izin

MenPAN RB Azwar Annas mengatakan tak lama lagi MPP akan meningkatkan pelayanan menjadi MPP Digital.

Rencananya, lanjut Azwar Annas, tujuh MPP yang baru diresmikan itu akan ditunjuk menjadi pilot project MPP Digital atau pelayanan terintegrasi.

Ganjar Pranowo mengatakan, MPP menjadi bukti upaya pemerintah dalam peningkatan pelayanan masyarakat. Dia menyebut, Sragen termasuk legend dalam inovasi, karena saat pemerintah melakukan inovasi-inovasi, kabupaten itu telah memulai.

Baca Juga: Buka Pintu Air Waduk Gajah Mungkur Sebelum Banjir Solo, PJT 1: Sudah Siaga Merah

"Pak Untung legend pada saat pemerintah daerah belum membuat inovasi-inovasi, beliau sudah memulai,'' ujarnya.

Gubernur berpesan, pelayanan MPP harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Gedung MMP tetap ada, tetapi pelayanan sistem digital juga ada. Warga yang memilih pelayanan langsung, bisa mendatangi MPP.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, MPP Sragen ada 40 layanan, 16 di antaranya layanan dari Pemkab Sragen.

Baca Juga: Punya 8.500 Butir Pil Koplo, Pemuda Asal Kedawung Ditangkap

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X