Usai Jual Seperangkat Gamelan, Dalang asal Boyolali Kini Jual 5 Mobil karena Tidak Ada Tanggapan

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 15:07 WIB
Ki Gondho Wartoyo. (SMSolo/dok)
Ki Gondho Wartoyo. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Dalang kondang, Ki Gondho Wartoyo yang sempat heboh gara-gara hendak menjual seperangkat gamelan karena lama tidak ada tanggapan, bikin heboh lagi.

Seperti dalam tayangan video, dalang asal Boyolali itu mengunggah pernyataanya untuk mendukung Polda Jateng dalam menangani Covid-19, termasuk menerapkan 5M (mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas).

"Mendukung Pemerintah dalam penanganan Covid-19. Kami seniman, mengajak masyarakat untuk melakukan hidup sehat," terang dia.

Baca Juga: Guru Jangan Jadi S3. Sak Sake, Sak Anane dan Sak Isane

Dalang yang tinggal di Desa Bulu, Tegalgiri, Nigosari itu meyakini, dengan perilaku hidup sehat dan bersih yang dilakukan mampu memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Dengan berlalunya pandemi Covid-19, sehingga bisa kembali menjalani kehidupan seperti biasa," paparnya.

Seperti diketahui, Ki Gondho Wartoyo sempat viral pada Bulan April 2021 lalu. Waktu itu, seniman dalang tersebut mengunggah video kefrustasiannya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Proses Permohonan Izin Tower Telkom Dituding Tidak Transparan, Warga Sragen Mengadu ke Polisi

Dengan terpaksa, dia menjual empat unit mobilnya untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Uang penjualan kendaraan juga digunakan untuk membantu sesama pelaku seni yang terdampak pandemi.

Kekecewaan atas kondisi itu dia lampiaskan dengan aksi merusak gamelan. Tak sampai disini, dia juga memukul kempul (salah satu alat gamelan) dengan menggunakan palu. Dalam video viral tersebut, dia mengatakan akan menjual gamelannya lantaran tidak bisa digunakan untuk pentas.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Penghujung Tahun 2022 Semarang Dikepung Banjir!

Sabtu, 31 Desember 2022 | 17:57 WIB
X