Gonjang ganjing Timnas Israel di Piala Dunia U20, Jokowi: FIFA Punya Aturan Sendiri

- Rabu, 29 Maret 2023 | 10:46 WIB
Pernyataan Presiden Jokowi terkait Piala Dunia U-20. ( (Tangkap layar YouTube/Sekretariat Presiden))
Pernyataan Presiden Jokowi terkait Piala Dunia U-20. ( (Tangkap layar YouTube/Sekretariat Presiden))

suaramerdeka-solo.com - Presiden Jokowi angkat bicara terkait ketidakpastian posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 pasca munculnya penolakan keikutsertaan Timnas Israel.

Beriktu pernyataan lengkap Presiden Jokowi:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara yang saya hormati,

Baca Juga: Lagi, Jalan Rusak di Karanganyar Memakan Korban Jiwa

Pertama, ini prinsip. Prinsip negara kita, Indonesia, yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two-state solution negara Israel dan negara Palestina merdeka.

Ini sesuai dengan konstitusi, menolak penjajahan dalam bentuk apa pun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral, maupun forum internasional lainnya.

Baca Juga: Buntut Instruktur Cabul Taekwondo, KONI Minta Pengprov Liburkan Sementara Seluruh Dojang di Solo

Dalam kesempatan ini juga, saya menyampaikan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melalui proses bidding, melalui proses seleksi panjang. Dan pada proses akhir, ada tiga kandidat negara yaitu Brasil, Indonesia, dan Peru.

Saat itu, semua pihak berjuang, bekerja keras bersama-sama agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dan, akhirnya bulan Oktober 2019, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan 29 Maret 2023 untuk Kota Solo dan Sekitarnya

Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia karena kita mendapat kepercayaan menyelenggarakan Piala Dunia U-20, penyelenggaraan event olahraga yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia.

Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kita belum mengetahui siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi. Dan, kepastian timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U-20 baru kita ketahui pada bulan Juli 2022.

Baca Juga: Satgas Quick Eespons Ditlantas Polda Jateng Menghadapi Mudik. Ini Tujuannya

Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X