Kado Pahit Ultah Dirjen PAS. 41 Napi Tewas Terbakar di Lapas Tangerang

- Rabu, 8 September 2021 | 14:37 WIB
Jenazah para narapidana yang tewas akibat Lapas Tangerang terbakar, dievakuasi petugas, Rabu (8/9/2021) pagi.  (SMSolo/dok)
Jenazah para narapidana yang tewas akibat Lapas Tangerang terbakar, dievakuasi petugas, Rabu (8/9/2021) pagi. (SMSolo/dok)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari, yang menewaskan 41 napi dan 80 napi mengalami luka-luka, diduga akibat hubungan arus pendek jaringan listrik.

Kasus kebakaran yang menewaskan banyak korban itu, kejadiannya bersamaan ulang tahun Dirjen Pemasyarakatan, Irjen Pol Reynhard Silitonga.

Seperti diketahui, Perwira Tinggi Polri yang sudah satu tahun lebih menjadi Dirjen PAS itu lahir di Medan 8 September 1967 atau 54 tahun silam.

Baca Juga: Panen dan Tabur 3.000 Benih Ikan Lele di Mapolsek Polokarto, Kapolda Jateng Apresiasi Polres Sukoharjo

Dalam kasus kebakaran itu, Reynhard menjelaskan jika lapas tersebut terdiri dari 7 blok. Bagian lapas yang terbakar adalah Blok C2. Sementara di blok tersebut terdapat ruang aula dan sembilan kamar.

"Lapas ini ada 7 blok, dimana per blok itu ada 9 kamar, nah yang terbakar ini adalah blok C2, dimana disitu ada aula dan 9 kamar, kalau blok lain itu jauh, karena masing-masing blok itu jauh," paparnya.

Baca Juga: Mengerikan, 41 Napi Tewas Terjebak Api di Sel Tahanan Blok C Saat Lapas Tangerang Terbakar

Blok C2 di Lapas Tangerang yang terbakar dini hari tadi berisi narapidana kasus narkoba, terorisme, dan pembunuhan. Di antara 41 korban meninggal, dua di antaranya adalah warga negara Afrika Selatan dan Portugal.

Seperti diberitakan, kebakaran Lapas Tangerang dikemukakan Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti.

Dia mengatakan, dalam peristiwa tersebut ada 41 napi yang meninggal dunia, lainnya mengalami luka-lukaa.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X