Tertangkapnya Adelin Lis, Korwil Peradi Jateng: Penegak Hukum Bisa Berkaca dari Kasus Ini

- Selasa, 14 September 2021 | 06:36 WIB
Adelin Lis (SMSolo/dok)
Adelin Lis (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Buruknya pengawasan bagi para penjahat kelas kakap hingga susahnya menegakkan hukum di Indonesia menjadi sorotan berbagai pihak.

Terlebih, diduga ada pejabat imigrasi yang "bermain" untuk memuluskan pelaku pembalakan liar di Sumatera Utara yakni Adelin Lis lolos ke Singapura menggunakan paspor palsu atas nama Hendro Leonardi.

Meski begitu, sejumlah pihak mengapresiasi tertangkapnya Adelin Lis, tersangka kasus pembalakan liar yang menjadi buron lebih dari 10 tahun.

Baca Juga: Pengamat Hukum UNS Nilai Remisi bagi Djoko Tjandra tak Pantas

Mudahnya buronan institusi penegak hukum keluar negeri menggunakan paspor palsu menunjukkan lemahnya sistem administrasi dalam penegakan hukum.

Hal itu diungkap M Badrus Zaman SH MH. Advokat yang menjadi pengurus Korwil Peradi Jateng itu mengatakan perlu komitmen tinggi dalam upaya penegakan hukum, khususnya dalam menangani berbagai kasus besar yang terjadi.

"Kami apresiasi tertangkapnya buron pembalakan hutan di Mandailing Natal Sumatera Utara itu. Harapan kami penegak hukum negara bisa berkaca dari kasus ini dan lebih serius menangani kasus krusial," tegas Badrus Zaman, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Kasus Perusakan dan Penganiayaan di Karanganyar, Penasihat Hukum Keberatan Adanya Perubahan Pasal

Seperti diberitakan sebelumnya, Adelin Lis alias Hendro Leonardi, yang sudah lama menjadi buronan pihak Kejaksaan Agung, akhirnya ditangkap dan dipulangkan ke Indonesia, pada Juni 2021.

Diketahui Adelin Lis adalah owner PT Mujur Timber Group dan PT Keang Nam Development Indonesia yang menjadi terpidana kasus pembalakan liar di hutan Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres KH Ma'ruf Amin Buka AICIS 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:48 WIB
X