Kapolri Perintahkan Tindaktegas Pinjol Ilegal yang Resahkan Masyarakat

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:31 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo instruksikan seluruh jajarannya menindaktegas pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat.

Kapolri memerintahkan upaya pemberantasan dengan strategi Pre-emtif, Preventif maupun Represif. Hal itu diungkapkan Kapolri saat memberikan pengarahan kepada Polda jajaran melalui video conference (vidcon) di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Sigit menjelaskan, pelaku kejahatan pinjol ilegal kerap memberikan promosi atau tawaran yang membuat masyarakat tergiur untuk menggunakan jasa layanan tersebut.

Baca Juga: Diduga Terjerat Pinjol, Perempuan di Wonogiri Gantung Diri

Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu penyebab banyaknya korban dari pinjol ilegal. Bahkan, penyelenggara pinjol memanfaatkan situasi yang perekonomiannya terdampak Covid-19.

"Harus segera dilakukan penanganan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," ujar Sigit seperti dikutip dari Antara.

Kesulitan ekonomi ditambah kemudahan mengakses pinjol membuat masyarakat banyak yang tergiur untuk menggunakan jasa keuangan non-perbankan tersebut.

Padahal, lanjut Sigit, pinjol ilegal sangat merugikan masyarakat, karena data diri korban bakal dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan apabila telat membayar ataupun tidak bisa melunasi pinjamannya.

Baca Juga: Derby Mataram, Seratusan Suporter Diamankan dan Dites Antigen

"Lebih mengkhawatirkan lagi, ada beberapa kasus bunuh diri lantaran tidak mampu melunasi pinjaman karena bunga yang besar dari pinjol ilegal tersebut. Banyak juga ditemukan penagihan yang disertai ancaman," ujar Kapolri.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru sejak Tahun 1818

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:13 WIB
X