Gempa Guncang Karangasem dan Bangli, Bali, Tiga Warga Meninggal Tujuh Luka-luka

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 18:54 WIB
Gempa bumi merusakkan ratusan rumah di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Sabtu, 16 Oktober 2021. /Dok. beritabali.com/
Gempa bumi merusakkan ratusan rumah di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Sabtu, 16 Oktober 2021. /Dok. beritabali.com/

DENPASAR, suaramerdeka-solo.com - Tiga orang dikabarkan meninggal, tujuh luka-luka dan ratusan bangunan rusak akibat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Karangasem dan Bangli, Provinsi Bali, Sabtu (16/101).

Dilansir dari suaramerdeka-wawasan.com, gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8. Petugas hingga saat ini masih berjibaku menangani para korban dan kondisi di daerah tersebut, lantaran terjadi longsor di tiga titik dari bukit Abang, sehingga proses evakuasi harus dilakukan lewat danau.

Dampak kerusakan terparah akibat gempa terjadi di wilayah Desa Ban, Kecamatan Kubu, dan Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Baca Juga: Duh!!! Minibus Elf Terjun ke Pekarangan Curam 20-an Meter di Desa Girilayu Karanganyar

Di dua wilayah tersebut, ratusan bangunan pelinggih merajan hingga bangunan rumah mengalami kerusakan dengan tingkat kerusakan parah, sedang hingga ringan.

"Untuk di wilayah Desa Ban, sementara laporan masuk dari Dusun Jatituhu ada 70 rumah yang hancur, kita masih lakukan penyisiran karena banyak titik longsor menutup akses jalan," kata Perbekel Ban, I Gede Tamu Sugiantara.

Selain kerusakan bangunan, juga menyebabkan korban jiwa yaitu seorang anak perempuan berusia tiga tahun asal Banjar Dinas Jatituhu, Desa Ban yang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumahnya.

Baca Juga: Kantor Pinjol Ilegal DIgrebek, Ini Daftar Aplikasi Pinjol Ilegal Yang Diamankan Polisi

Sementara itu, puluhan bangunan juga mengalami kerusakan di wilayah Desa Pempatan, Rendang, Karangasem. Kerusakan didominasi oleh bangunan pelinggih merajan dan rumah warga.

Gempa bumi yang mengagetkan warga ini, juga dirasakan hingga ke Lombok NTB.
Hasil analisa BMKG menunjukkan, bahwa gempa bumi jenis tektonik yang berkekuatan M=4,8.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X