TNI Turunkan Pasukan Tangani Bencana Gempa di Bangli dan Karangasem

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 06:39 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (SMSolo/pixabay)
Ilustrasi gempa bumi. (SMSolo/pixabay)

BALI, suaramerdeka-solo.com - Gempa yang terjadi di Bangli dan di Karangasem, Bali mengundang keprihatinan berbagai pihak.

Sebagai bentuk rasa kemanusiaan dan sesuai Tugas Pokok (Tupok) TNI, Kodam IX/Udayana bergerak cepat dalam upaya turut menangani dampak bencana alam tersebut.

Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antonius Totok YP, SIP, dalam rilis secara tertulis
mengatakan, langkah cepat telah dilakukan Kodam IX/Udayana untuk penanganan bencana alam yang terjadi di wilayah tugasnya, pada Sabtu (16/10/2021) dengan cara mengevakuasi para korban dan melakukan pembersihan jalan akibat longsor.

Baca Juga: Gempa Guncang Karangasem dan Bangli, Bali, Tiga Warga Meninggal Tujuh Luka-luka

Tim penanganan bencana Kodam IX/Udayana, lanjut Kapendam, dengan menerjukan Kodim 1626/Bangli, Yonzipur 18/YKR sebanyak 2 SST dikerahkan untuk menanggulangi bencana alam di Karangasem dan Bangli dan menyiagakan 1 SSK dari Yonif 900 Raider/SBW sebagai satuan cadangan penanggulangan bencana.

Dari 2 Satuan Setingkat Pleton (SST) Yonzipur 18/YKR terbagi menjadi 1 SST yang berkekuatan 30 orang melakukan penanganan bencana di wilayah Kabupaten Bangli (tepatnya di Desa Trunyan) yang dipimpin Letda Czi Edi Widodo dengan mengerahkan matriil berupa 1 Unit Truck NPS, 1 Unit Dump Truck.

Baca Juga: Kecelakaan di Matesih Terjadi Karena Isuzu Elf Tak Kuat Saat Jalan di Tanjakan

"Sedangkan 1 SST berkekuatan 30 orang lagi dipimpin Mayor Czi Marbun melakukan penanganan di wilayah Kabupaten Karangasem tepatnya di Desa Ban, Kecamatan Kubu," jelas Kapendam.

Upaya maksimal terus dilakukan sebagai langkah mengatasi dampak bencana lebih luas seperti dari Kodim 1626/Bangli sampai saat ini terus membantu melakukan pembersihan jalan yang terkena longsor dan direncanakan pada besok hari akan dilanjutkan menggunakan alat berat.

Untuk kesiapan Posko bencana dan bantuan logistik serta kesehatan dikoordinir Pemerintah Daerah setempat.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X