Siswa SMP Muhammadiyah PK Surakarta Wakili Jateng ke KSN Nasional

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Dzaky Aulia Fadhil, SMP Muhammadiyah Program Khusus (Muh  PK) Surakarta. (SMSolo/Evie K)
Dzaky Aulia Fadhil, SMP Muhammadiyah Program Khusus (Muh PK) Surakarta. (SMSolo/Evie K)

SOLO Suaramerdeka-solo.com - Prestasi membanggakan diraih siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (Muh PK) Surakarta Dzaky Aulia Fadhil.

Siswa kelas 9 tersebut berhasil lolos dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional tahun 2021 bidang Matematika. Ia mewakili Jawa Tengah dalam kancah KSN tingkat nasional pada November mendatang.

Muhdiyatmoko, Kepala SMP Muh PK mengemukakan, siswanya dinyatakan lolos berdasarkan surat keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 2458/j3/DM.01/2021 tentang penetapan peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional jenjang SMP tahun 2021 per 18 Oktober 2021.

Baca Juga: Puluhan Siswa di Solo Positif Covid-19, Pemkot Surakarta: Belum Tentu Itu Klaster Sekolah

"Semoga Dzaky mendapatkan hasil terbaik. Ia siswa yang memiliki komitmen kuat dan cerdas,” jelasnya.

Sementara itu, Dzaky Aulia Fadhil, siswa yang lolos KSN tingkat nasional tersebut mengaku bahagia karena perjuangan dan doa selama ini sesuai harapan. Ia menceritakan pengalaman mengerjakan soal KSN tingkat provinsi kemarin yang tidak menemukan kendala.

"Terdapat sepuluh soal isian singkat seputar geometri, aljabar, dan sebagainya. Ada beberapa yang sulit, tetapi saya berusaha untuk bisa menyelesaikan dalam waktu 90 menit," ceritanya.

Baca Juga: Puluhan Siswa di Solo Terpapar Covid-19, Gibran: Pokoknya PTM Jalan Terus

Untuk mempersiapkan kompetisi ini, Putra dari Oka Setiawan dan Ambar Widhi Hapsary yang tinggal di Cemani Baru, Grogol, Sukoharjo tersebut belajar dengan durasi rata-rata 4 jam untuk berlatih soal-soal KSN. Soal-soal biasanya didapatkan dari internet dan guru di sekolah.

Selain itu, Dzaky (sapaan akrab) juga mempersiapkan mental dan motivasi diri untuk meraih kemenangan kelak saat KSN tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengiriman Jamaah Umrah Dihentikan Sementara

Senin, 17 Januari 2022 | 10:08 WIB
X