Pinjol Yang Menyebabkan Ibu Rumah Tangga di Wonogiri Bunuh Diri Terungkap

- Senin, 25 Oktober 2021 | 08:55 WIB
Bareskrim Polri mengamankan tersangka dan barang bukti kasu spinjol yang menyebabkan salah satu ibu rumah tangga di Wonogiri bunuh diri. (SMSolo/Tribratanews.polri)
Bareskrim Polri mengamankan tersangka dan barang bukti kasu spinjol yang menyebabkan salah satu ibu rumah tangga di Wonogiri bunuh diri. (SMSolo/Tribratanews.polri)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Bareskrim Polri mengungkap kasus pinjol ilegal yang salah satu di antaranya menyebabkan seorang ibu rumah tangga di Wonogiri, bunuh diri.

Bersama para tersangka Bareskrim mengamankan uang senilai Rp 20,4 miliar.
Uang puluhan miliar tersebut diduga sebagai dana transaksi pinjam online ilegal.

Dilansir dari Tribratanews.polri, Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Helmy Santika menjelaskan, sejumlah tersangka diamankan. Di antaranya MDA dan SR, ketua KSP SAB.

Baca Juga: ‘Sigrak Cetingan’ Diluncurkan. Upaya Pemkot Surakarta dan Masyarakat Perangi Stunting di Solo

Dari MDA, disita akte pendirian KSP Solusi Andalan Bersama, perjanjian kerjasama dengan payment gateway, HP, uang senilai Rp 20,4 miliar pada rekening bank atas nama KSP Solusi Andalan Bersama.

Lulusan Akabri tahun 1993 menyebutkan, KSP SAB ini menaungi beberapa anak perusahaan pinjol ilegal lainnya. Satu di antaranya adalah, Fulus Mujur.

"Aplikasi inilah digunakan oleh seorang ibu di Wonogiri, yang bunuh diri, lantaran tidak mampu membayar utang," jelas Brigjen Helmy.

Baca Juga: PDIP Bekali Kader Perempuan Lewat Program PUAN Indonesia

Selain itu juga diamankan JS yang merupakan fasilitator WNA Tiongkok, perekrut masyarakat untuk menjadi ketua KSP maupun direktur PT yang fiktif yang digunakan sebagai operasional pinjol ilegal.

"Dia juga sebagai pemodal untuk mendirikan perusahaan atau KSP fiktif yang diduga digunakan untuk operasional pinjol ilegal," jelas Brigen Helmy.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UNS Berangkatkan Tim Satgas Bencana Semeru

Senin, 6 Desember 2021 | 18:02 WIB

Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru sejak Tahun 1818

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:13 WIB
X