Balita Boleh Masuk Mal Lagi di Solo? Ini Syaratnya!

- Kamis, 3 Juni 2021 | 06:05 WIB
SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN: Petugas Satpol PP Surakarta menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada pengunjung mal. (SMSolo/dok) (Agustinus Ariawan)
SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN: Petugas Satpol PP Surakarta menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada pengunjung mal. (SMSolo/dok) (Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Pemkot Surakarta memutuskan untuk mencabut larangan bagi balita, ibu hamil dan lansia untuk memasuki mal, pasar modern dan tempat hiburan/tempat wisata di Kota Solo.

Namun kebijakan itu tidak serta-merta bisa direalisasikan. Sebab, Pemkot menetapkan sejumlah syarat yang harus dipatuhi pengelola.

Pengelola yang ingin membuka akses bagi balita, ibu hamil dan lansia, harus lebih dulu mendapat persetujuan dari Satgas Penanganan Covid-19 terkait SOP protokol kesehatan khusus.

Baca Juga: Gibran Cabut Larangan Balita dan Lansia Masuk Mal

Hal itu merujuk Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 067/1653 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Peran Satuan Tugas Tingkat Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Surakarta.

“Misalnya, balita harus tetap pakai masker saat masuk mal. Kalau tidak pakai, mending tidak usah masuk,” kata Wali Kota Gibran Rakabuming Raka.

Kebijakan tersebut juga baru direalisasikan tatkala vaksinasi terhadap karyawan dan pelaku usaha di mal atau pusat perbelanjaan modern, telah diselesaikan Pemkot.

“Kamis (3/6/2021) ini, ditargetkan selesai. Sesudah itu, para pengelola akan kami panggil untuk membahas SOP-nya,” tambah dia.

Gibran menegaskan, kebijakan itu akan dievaluasi secara berkala.

“Setiap dua minggu kami evaluasi. Kalau makin lama (zonanya) makin hijau, ya kami longgarkan,” bebernya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Pengiriman Jamaah Umrah Dihentikan Sementara

Senin, 17 Januari 2022 | 10:08 WIB
X