Bea dan Cukai Surakarta Musnahkan Barang Milik Negara senilai Rp 1,9 Miliar. Mulai dari Rokok Hingga Seks Toys

- Selasa, 30 November 2021 | 10:43 WIB
Jutaan batang rokok tanpa cukai dan barang lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Setda Sukoharjo, Selasa (30/11). (SMSolo/Heru S)
Jutaan batang rokok tanpa cukai dan barang lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman Setda Sukoharjo, Selasa (30/11). (SMSolo/Heru S)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Bea Cukai Surakarta memusnahkan barang milik negara (BMN) senilai Rp 1,8 miliar di halaman Setda Sukoharjo, Selasa (30/11).

Barang yang dimusnahkan merupakan hasil tegahan yang dilakukan selama periode tahun 2020 hingga 2021 sebanyak 628 kali penegahan.

Barang-barang tersebut berupa rokok dan minuman mengandung etil alkohol (MMEA) atau miras yang tidak memenuhi peraturan perundangan di bidang cukai.

Baca Juga: Tiga Hari Menghilang, Perempuan Ditemukan Meninggal di Kali Dengkeng

Serta barang impor melalui Kantor Pos Lalu Bea Solo yang melanggar ketentuan larangan dan pembatasan (lartas).

"Pemusnahan BMN tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dan izin dari Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta selaku pengelola BMN," kata Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso.

Dijelaskan, pemusnahan ini tidak lepas dari sinergi antara Bea Cukai Surakarta dengan Satpol PP, Kejaksaan, Polri, TNI, dan para aparat penegak hukum lainnya dalam melakukan penindakan.

Baca Juga: PBJI Klaten Raih 3 Perunggu Kejurprov PBJI Jateng di Wonogiri

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, Pemkab Sukoharjo berkomitmen melakukan upaya untuk menekan peredaran barang ilegal. Tentunya dengan koordinasi bersama pihak terkait.

"Sosialisasi, pengawasan barang untuk memperkuat keberadaan barang kena cukai terus kami lakukan. Semoga dengan pemusnahan ini, masyarakat akan lebiih mengerti barang wajib bercukai," jelas bupati.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dari 150 Desa 19 Desa di Sukoharjo Belum Punya BUMDes

Jumat, 21 Januari 2022 | 14:59 WIB

KPK OTT Salah Satu Hakim di PN Surabaya

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:10 WIB

Pengiriman Jamaah Umrah Dihentikan Sementara

Senin, 17 Januari 2022 | 10:08 WIB
X