BNPB: Erupsi Gunung Semeru Akibatkan 13 Warga Meninggal Dunia, Puluhan Luka-luka

- Minggu, 5 Desember 2021 | 11:43 WIB
Warga Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur melakukan evakuasi akibat aktivitas awan panas guguran Gunung Semeru, Sabtu (4/12). (BNPB/Istimewa)
Warga Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur melakukan evakuasi akibat aktivitas awan panas guguran Gunung Semeru, Sabtu (4/12). (BNPB/Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Sebanyak 13 warga dilaporkan meninggal akibat erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Data itu per hari Minggu pukul 09.20 WIB.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan, erupsi Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur hingga Minggu pukul 09.20 WIB telah menyebabkan 13 orang meninggal dunia.

Dua dari 13 orang yang meninggal dunia berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Pendaki Ukraina yang Tersesat di Merbabu Ditemukan Selamat

Selain menyebakkan 13 meninggal, letusan Gunung Semeru juga menyebabkan puluhan orang terluka dan harus menjalani perawatan di fasilitas kesehatan.

Sebanyak 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal. Selanjutnya mereka dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara.

Baca Juga: Pasca Longsor, Polres Klaten Saluran Bantuan Sembako ke Tegalmulyo

Sementara itu, warga luka lainnya ditangani pada beberapa fasilitas kesehatan, yaitu 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

Tim gabungan juga berhasil melakukan evakuasi warga yang tadi malam dilaporkan Wakil Bupati Lumajang terjebak di kantor pemilik tambang. Saat ini para warga telah ditempatkan di Pos Curah Kobokan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. **

sumber : BNPB.go.id

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Duh Gusti, Bisa-bisanya Siswa SD Memperkosa Anak 7 Tahun

Selasa, 27 September 2022 | 21:09 WIB

KPK Bakal Periksa Ketua MA dalam Kasus Sudrajat Dimyati?

Senin, 26 September 2022 | 10:31 WIB

Asrama Polisi di Solo Baru Meledak, Satu Polisi Terluka!

Minggu, 25 September 2022 | 21:01 WIB

Korsleting, Rumah dan Mobil di Sragen Ludes Terbakar

Minggu, 25 September 2022 | 17:40 WIB
X