PMI Surakarta, Politeknik Akbara dan UNS Kirim Bantuan bagi Korban Erupsi Gunung Semeru

- Selasa, 7 Desember 2021 | 05:54 WIB
Pengurus PMI Surakarta dan sukarelawan bencana erupsi Gunung Semeru berfoto bersama di Markas PMI Surakarta, Senin (6/12/2021).  (SMSolo/dok)
Pengurus PMI Surakarta dan sukarelawan bencana erupsi Gunung Semeru berfoto bersama di Markas PMI Surakarta, Senin (6/12/2021). (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Erupsi Gunung Semeru yang menimbulkan korban jiwa maupun luka di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mendorong kepedulian banyak pihak.

Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta, Politeknik Akademi Bank Darah (Akbara) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bersinergi untuk mengirimkan sukarelawan dan bantuan bagi para korban.

Bantuan bagi korban erupsi Gunung Semeru tersebut diberangkatkan dari Markas PMI Surakarta, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Pemkab Karanganyar Akan Galang Donasi

CEO PMI Surakarta Sumartono Hadinoto menjelaskan, kerja gabungan ketiga instansi tersebut menghasilkan dua tim sukarelawan yang ditugaskan untuk membantu penanganan para korban.

Tim pertama adalah Tim Pelayanan Kesehatan Dasar Darurat (PKDD), adapun tim kedua adalah Tim Assesmen Kebencanaan.

“Setelah tiba di Lumajang, tim akan berkoordinasi dengan PMI setempat untuk membantu penanganan korban bencana di area-area yang membutuhkan tambahan personel,” terang Sumartono.

Baca Juga: 4 Truk Polres Sukoharjo Berisi Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru dan Banjir Pekalongan Meluncur

Selain mengirim sukarelawan, PMI juga membawa bantuan berupa 1.300 masker medis, 3.400 masker kain, 200 selimut, biskuit, obat-obatan, hingga tabung oksigen untuk para korban erupsi Semeru.

“Bila diperlukan, kami akan mengirimkan tim periode kedua untuk menggantikan tim pertama, jika mereka telah berada di sana selama seminggu.”

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengiriman Jamaah Umrah Dihentikan Sementara

Senin, 17 Januari 2022 | 10:08 WIB

Polda Jatim Buru Penendang Sesajen ke Lombok Timur

Selasa, 11 Januari 2022 | 15:35 WIB
X