Kunjungi PUI Baterai Lithium UNS, Moeldoko Optimistis Baterai Kendaraan Listrik Bisa Diproduksi

- Selasa, 7 Desember 2021 | 19:24 WIB
Kepala Staf Kepresidenan RI, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko Ginting meninjau pusat unggulan IPTEK (PUI) Baterai Lithium UNS, Selasa (7/12). (SMSolo/Evie K)
Kepala Staf Kepresidenan RI, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko Ginting meninjau pusat unggulan IPTEK (PUI) Baterai Lithium UNS, Selasa (7/12). (SMSolo/Evie K)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Kepala Staf Kepresidenan RI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko Ginting optimistis baterai untuk kendaraan listrik bisa diproduksi di Tanah Air.

Hal itu diungkapkan Moeldoko seusai mengunjungi Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Teknologi Penyimpanan Energi Listrik (PUI Baterai Lithium) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Selasa (7/12).

Dalam kesempatan itu, Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko mengapresiasi UNS yang berhasil mengembangkan baterai lithium untuk kendaraan listrik.

Baca Juga: Studi Banding ke Banjarnegara, Oknum Camat dan PNS Karanganyar Malah Terjaring Razia di Dalam Kamar Hotel

Ia mengemukakan jika pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan mobil listrik dalam kaitan upaya menekan emosi guna mengurangi dampak perubahan iklim.

Namun ada sejumlah kendala yang mengganjal pengembangan tersebut. Di antaranya keterbatasan tiga komponen utama di dalam negeri.

"Komponen utama mayoritas masih impor. Namun dengan UNS memelopori pengembangan baterai listrik, semoga hasil pengembangan riset ini bisa menuju industri, " paparnya.

Baca Juga: Banyak Jabatan Kosong di PDAM Tirto Negoro Sragen, Diisi Setelah Ada Dirut Baru Terpilih

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa UNS merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengembangkan produksi baterai lithium.

"Riset mengenai pengembangan teknologi listrik terutama baterai lithium sudah dilakukan sejak 2012 silam. Baterai ini sudah diujicobakan pada sepeda listrik, motor listrik, dan mobil listrik.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengiriman Jamaah Umrah Dihentikan Sementara

Senin, 17 Januari 2022 | 10:08 WIB

Polda Jatim Buru Penendang Sesajen ke Lombok Timur

Selasa, 11 Januari 2022 | 15:35 WIB
X