Kabar Gembira, Mulai 8 Januari Kemenag Buka Pemberangkatan Ibadah Umrah

- Jumat, 7 Januari 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi ibadah umrah. (instagram.com/@spanews)
Ilustrasi ibadah umrah. (instagram.com/@spanews)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Kabar gembira bagi umat muslim di negeri ini. Setelah tertunda cukup lama akibat pandemi Covid-19, Kementerian Agama RI menyatakan pemberangkatan jemaah ibadah umrah dari Indonesia ke Arab Saudi akan dimulai.

Rencananya, proses pemberangkatan ibadah umrah dimulai Sabtu 8 Januari 2022 mendatang.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief mengatakan saat ini persiapan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 terus dilakukan.

Baca Juga: Deandra, Korban Tenggelam di Pantai Glagah, Kulonprogo Dikenal Sosok Humoris

Karena masih dalam kondisi pandemi, maka penerapan protokol kesehatan dalam rangka perlindungan jemaah ibadah umrah tetap diberlakukan.

“Pemberangkatan jemaah umrah rencananya akan kembali dibuka pada 8 Januari 2022. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah,” terang Hilman di Jakarta, Kamis 6 Januari 2022 sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenag RI.

Baca Juga: Semprotkan 50.000 Sprayer Eco Enzyme Serentak, Klaten Raih Rekor MURI

Dikatakan, pihaknya telah menggelar rapat lintas Kementerian/Lembaga berkaitan dengan Penyelenggaraan Ibadah Umrah tahun 1443 H pada 3 Januari 2022.

“PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH,” tegas Hilman.

Ketentuan lainnya, kata Hilman, keberangkatan dipiroritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno Hatta.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X