Hadapi Musim Haji 2022, Pemerintah Perhitungkan Tiga Opsi

- Jumat, 14 Januari 2022 | 11:34 WIB
Ilustrasi ibadah haji. (SMSolo/pixabay)
Ilustrasi ibadah haji. (SMSolo/pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Pemerintah RI bersama DPR tengah menyiapkan pemberangkatan jamaah haji 1443 H.

Berbagai upaya terus dilakukan agar pelaksanaan haji musim 2022 dapat diselenggarakan, di tengah kemunculan varian Omicron Covid-19.

"Maka kami melakukan mitigasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/ 2022 M dengan tiga opsi, yaitu kuota penuh, kuota terbatas atau yang paling pahit adalah dengan kembali tidak memberangkatkan jemaah haji," ujar Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi, dikutip dari laman kemenag.go.id.

Baca Juga: Kabar Gembira, Mulai 8 Januari Kemenag Buka Pemberangkatan Ibadah Umrah

Rencana pembentukan panitia kerja (Panja) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1443 H/2022 M pun dibahas dalam rapat kerja Komisi VIII DPR RI dengan Kemenag, Kamis (13/1/2022).

Keberangkatan jamaah umrah Indonesia perdana 2022 beberapa hari lalu, dianggap sebagai salah satu indikator dari Pemerintah Arab Saudi berkait pelaksanaan ibadah haji.

Karena itu, jamaah umrah yang kini sudah berada di Tanah Suci diharapkan menjalankan ibadah secara tertib, disiplin prokes, serta mengikuti berbagai peraturan, termasuk ketentuan karantina yang diterbitkan pemerintah.

Baca Juga: Akhirnya, 419 Jemaah Indonesia Berangkat Umrah

“Tertib aturan ini sangat penting, karena jika pelaksanaan umrah ini sukses, tentu pemerintah Arab Saudi akan sepenuhnya mengizinkan pelaksanaan ibadah haji yang memang sudah dinantikan oleh semua calon jemaah haji di Tanah Air," ujar Wamenag.

Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, senada. Dia menegaskan, pemerintah harus mengedepankan perlindungan dan keselamatan jemaah dengan meningkatkan pengawasan kedisiplinan atas prokes ketat.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:51 WIB

Kapolri Takziah ke Rumah Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:17 WIB
X