Rem Truk Tronton Blong, Tabrak Kendaraan di Lampu Merah, Lima Tewas dan Puluhan Luka

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:40 WIB
Potret bagian depan mobil truk tronton penyebab kecelakaan Balikpapan (twitter/alterofargo)
Potret bagian depan mobil truk tronton penyebab kecelakaan Balikpapan (twitter/alterofargo)

BALIKPAPAN, suaramerdeka-solo.com - Lima orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Soekarno-Hatta KM 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Truk tronton KT-8534-AJ meluncur turun tak terkendali, kemudian menabrak kendaraan-kendaraan yang berhenti saat lampu merah menyala di persimpangan Rapak, Jumat pagi.

"Selain itu, ada empat korban luka berat dan puluhan orang luka ringan," kata Dirlantas Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Sony Irawan.

Baca Juga: Isu Dana Bansos Rp. 2,7 Trilun Tertahan di Himbara, Ini Respon BRI!

Korban yang meninggal dunia dan luka-luka dibawa ke RS Kanujoso Djatiwibowo dan RS Beriman.

Kombes Pol. Sony Irawan mengatakan, sopir tronton bernama Muhammad Ali (48) warga Jalan Tanjung Pura, Balikpapan Kota sudah diamankan dan ditahan di Polres Balikpapan.

Mengutip keterangan sopir tersebut, Kombes Pol. Sony menuturkan bahwa tronton yang dikemudikan Ali berangkat dari pulnya di Jalan Pulau Balang di KM 13 Soekarno-Hatta, Karang Joang, Balikpapan Utara pada pukul 05.00 Wita.

Baca Juga: Hakim dan Panitera PN Surabaya yang Terjaring OTT KPK Diberhentikan

Truk beroda 10 dengan kapasitas angkut 21 ton itu bermuatan kontainer 20 feet, berisi kapur pembersih air seberat 20 ton. Adapun tujuan lokasi di Kampung Baru, Balikpapan Barat.

Ali memilih rute Jalan Soekarno-Hatta atau yang biasa disebut warga sebagai Kilo. Sesampai di Kilo 0,5 di depan Rajawali Foto, menjelang turunan panjang hingga lampu pengatur lalu lintas di depan Bundaran Rapak, Ali menurunkan persneling dari 4 ke 3 dan mengurangi laju kendaraan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X