Tewaskan 13 Orang di Bukit Bego Bantul, Saksi Mata Sebutkan Bus Pariwisata Sempat Tak Kuat Menanjak

- Minggu, 6 Februari 2022 | 20:38 WIB
Bus pariwisata yang mengalami kecelakaan maut di Bukit Bego, Imogiri, Bantul, Minggu (6/2/2022). (SMSolo/tangkapan layar video)
Bus pariwisata yang mengalami kecelakaan maut di Bukit Bego, Imogiri, Bantul, Minggu (6/2/2022). (SMSolo/tangkapan layar video)

BANTUL, suaramerdeka-solo.com – Jajaran kepolisian Bantul, DIY, tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan bus pariwisata GA Trans bernomor polisi AD 1507 EH di Bukit Bego, Padukuhan Kedungbuweng, Kelurahan Wukirsari, Kapanewon, Imogiri.

Tiga belas orang dari 47 penumpang bus dilaporkan meninggal pada kecelakaan yang terjadi Minggu (6/2/2022) sekitar pukul 13.30 WIB tersebut.

Sejumlah saksi mata menyebutkan, bus nahas tersebut sempat tak kuat melaju pada jalur tanjakan.

Baca Juga: Bus Rombongan Wisatawan asal Sukoharjo Kecelakaan di Bukit Bego Imogiri. 9 Dikabarkan Meninggal

‘’Dari saksi, beberapa kita periksa, pada saat menanjak tidak kuat, sehingga beberapa penumpang turun. Kemudian setelah bisa naik kembali, penumpangnya naik. Saat tanjakan, turunan, kendaraan oleng,’’ kata Kapolres Bantul, AKBP Ihsan kepada wartawan.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikan kronologi kejadian. Sebab, olah TKP terus dilakukan demi mengetahui kejadian yang sebenarnya, termasuk cek rem dan uji kir bus.

Bus diperkirakan mengalami rem blong, kemudian menabrak tebing dan terperosok dalam parit. Diduga bus dari Kapanewon Dlingo mau menuju ke pantai Parangtritis.

Baca Juga: Di Jalur Tawangmangu, Grand Livina Tabrak Beat dan Jupiter MX, 2 Tewas

Puluhan ambulans berdatangan untuk mengevakuasi para korban. Mereka diangkut ke tiga rumah yakni RS Panembahan Senopati, RS Nur Hidayah dan RS PKU Bantul.

Sementara itu, kondisi jalan dan sebagian bodi bus yang masuk ke parit, membuat evakuasi bus pariwisata yang mengangkut rombongan wisatawan pegawa konveksi Adiva Sukoharjo itu, cukup sulit dievakuasi.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X