Pemerintah Saudi Putuskan Pendaftaran Haji Hanya Untuk Warga dan Penduduk Kerajaan

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 22:14 WIB
Ibadah Haji 1441 H (Foto Istimewa) (Murdiyat Moko)
Ibadah Haji 1441 H (Foto Istimewa) (Murdiyat Moko)

ARAB SAUDI, suaramerdeka-solo.com - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya memutuskan untuk membatasi pendaftaran haji tahun 2021 hanya untuk warga dan penduduk Kerajaan.

Hal ini karena saat ini masih dalam masa pandemi virus corona.

Dikutip dari Arab News, Kementerian Kesehatan dan Haji hari Sabtu (12/6/2021) mengumumkan bahwa calon jamaah haji dibatasi hanya 60.000 jamaah. Haji dimulai pertengahan Juli.

Baca Juga: Haji Ditunda Lagi, Tukang Tambal Ban Ini Hanya Bisa Pasrah

Pemerintah juga menekankan bahwa mereka yang ingin melakukan haji harus bebas dari penyakit kronis apa pun, dan berusia antara 18 hingga 65 tahun bagi mereka yang divaksinasi virus sesuai dengan langkah-langkah vaksinasi Kerajaan.

Jamaah haji juga harus divaksinasi lengkap, atau mereka yang mengambil satu dosis vaksin Covid-19 setidaknya 14 hari sebelumnya. Atau mereka yang divaksinasi setelah sembuh dari infeksi virus corona.

Keputusan itu didasarkan pada keinginan terus-menerus Kerajaan untuk memungkinkan para tamu dan pengunjung di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk melakukan ritual haji dan umrah.

"Kerajaan mengutamakan kesehatan dan keselamatan manusia."

Baca Juga: Gagal Berangkat, Belum Ada Calhaj di Solo yang Menarik Dana Pelunasan

Dilansir dari kemenag.go.id, Menag RI Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi Kerajaan Saudi Arabia yang akhirnya menyampaikan keputusan resmi terkait penyelenggaraan haji 2021.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:51 WIB

Kapolri Takziah ke Rumah Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:17 WIB
X