Survei SRMC : Meski Tanpa Dukungan PDIP, Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies

- Senin, 14 Juni 2021 | 19:05 WIB
Saat ini ada sejumlah nama tokoh yang memiliki suara tinggi dalam survei pemilih pilpres 2024, termasuk Ganjar Pranowo. /Antara dan Instagram.com/@ganjarpranowo
Saat ini ada sejumlah nama tokoh yang memiliki suara tinggi dalam survei pemilih pilpres 2024, termasuk Ganjar Pranowo. /Antara dan Instagram.com/@ganjarpranowo

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Melalui hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada akhir Mei 2021, ada lima cluster teratas yang menunjukan dukungan terhadap partai politik secara nasional.

Salah satunya, pada pemilu 2019 PDIP mendapat 19,3 persen suara, tidak berbeda jauh dari hasil 2014. Pada survei terakhir, PDIP dipilih 25,9 persen.

Kalau dilihat dari tren survei sebelum pemilu sejak 2014, survei merekam PDIP selalu di atas perolehan hasil pemilu.

Baca Juga: Forum Guru Muhammadiyah Tolak Pemberlakuan PPN Sektor Jasa Pendidikan

Namun dari hasil temuan lain SMRC menyatakan, bagaimanapun hanya partai yang bisa mengajukan calon presiden.

Saat ini ada sejumlah nama tokoh yang memiliki suara tinggi dalam survei pemilih pilpres 2024. Menhan Prabowo Subianto, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketua Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Tetapi, dalam kombinasi antara subjektivitas elite partai, dan dukungan pemilih hanya Prabowo Subianto dan AHY yang paling mendekati.

Keduanya petinggi partai dan mendapat dukungan lebih baik dibanding petinggi partai lainnya. Menurut SMRC kalaupun Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan tinggi potensinya untuk menang, tetapi kalau tidak dicalonkan partai maka potensi itu menjadi tidak akan menjelma.

Baca Juga: Lockdown di Solo Raya Kian Meluas. Kini Giliran Simo, Boyolali

Di sisi lain, berdasarkan analisis berita dan sikap elite partai menunjukan bahwa sementara ini Ganjar Pranowo belum atau tidak akan dicalonkan PDIP.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Rombongan Komisi IV DPR RI ke PT RUM Disambut Aksi Warga

Selasa, 23 November 2021 | 20:45 WIB

Kasus Anak Gugat Ibu Kandung juga Terjadi di Boyolali

Selasa, 23 November 2021 | 13:30 WIB

KRTI 2021 di UNS Surakarta Resmi Ditutup

Minggu, 21 November 2021 | 19:38 WIB
X