Sembilan WNI masih Terjebak di Chernihiv Ukraina, KBRI Komunikasi dengan Rusia dan Ukraina

- Selasa, 8 Maret 2022 | 15:11 WIB
Sebanyak 83 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 17.13 WIB. (dok/twitter Menlu RI)
Sebanyak 83 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 17.13 WIB. (dok/twitter Menlu RI)

JAKARTA, suaramereka-solo.com - Sembilan warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan masih terjebak du Chernihiv, Ukraina.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kyiv terus memonitor kondisi mereka secara virtual, walau jaringan sempat terganggu.

"Mereka dalam kondisi aman dan pasokan logistik memadai. Mereka diminta tetap berada di Chernihiv karena saat ini masih terjadi pertempuran," jelas Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Judha Nugraha dalam keterangan, Selasa (8/3/2022) dilansir dari PMJ.

Baca Juga: Pemkab Boyolali Pastikan Tak Ada Anthrax

Sembilan WNI yang terjebak ini, kata Judha, KBRI Kyiv terus berkomunikasi intensif dengan berbagai pihak di Ukraina dan Rusia untuk bisa memberikan safe passage atau jalur evakuasi aman bagi WNI.

KBRI Kyiv, lanjut dia, juga telah siapkan penjemputan bagi sembilan WNI jika jalur aman evakuasi telah dikonfirmasi kedua belah pihak yang bertikai.

Baca Juga: Pemerintah Cabut Syarat Tes PCR dan Antigen bagi Pelaku Perjalanan Domestik

"Komunikasi intensif sedang dilakukan dengan pihak-pihak di Ukraina dan Rusia," ucapnya.

Sebelumnya, sebanyak 83 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3/2022) sekitar pukul 17.13 WIB.

Dalam penerbangan tersebut, ada juga beberapa warga negara Ukraina yang merupakan keluarga dari pernikahan dengan WNI. Adapun rincian penumpang yang datang terdiri dari 12 pria, 50 wanita, 17 anak, dan 4 orang ekspatriat.

Baca Juga: Pertempuran Darat Sengit, 13 WNI Belum Dapat Dievakuasi dari Ukraina

"Sore ini, Menlu Retno menyambut kedatangan 83 evacuee dari Ukraina, termasuk tiga warga negara asing (WNA) keluarga dari WNI serta empat bayi. Semua dalam keadaan sehat," tulis Kementerian Luar Negeri melalui dalam akun Twitter resminya. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X