Mendekati Lebaran, Penumpang Pesawat Meningkat Lebih dari Dua Kali Lipat

- Minggu, 24 April 2022 | 19:28 WIB
Menhub Budi Karya Sunadi melakukan inspeksi ke Bandara Soekarno Hatta. (SMSolo/dok Kementerian Perhubungan RI)
Menhub Budi Karya Sunadi melakukan inspeksi ke Bandara Soekarno Hatta. (SMSolo/dok Kementerian Perhubungan RI)

TANGERANG, suaramerdeka-solo.com – Pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta menunjukkan peningkatan lebih dari dua kali lipat, mendekati Lebaran 2022.

“Sebelumnya pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta sekitar 400 penumpang per hari. Tetapi dua hari ini sudah meningkat menjadi 900 penumpang per harinya. Okupansinya sudah mendekati 100 persen. Ini berarti anjuran mudik lebih awal sudah dilakukan,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat inspeksi bandara itu, Minggu (24/4/2022).

Menhub menyebut, peningkatan penumpang lebih awal itu lebih baik, guna menghindari penumpukan penumpang pada hari-hari puncak mudik.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Kompak Beli Blangkon Madura Pada Peresmian Bandara Trunojoyo

Alasan yang diperoleh saat menanyai langsung penumpang, harga tiket lebih murah dan menghindari kepadatan puncak mudik, 28-30 April 2022.

Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menambahkan, pergerakan penumpang pesawat terus mengalami peningkatan jelang lebaran.

“Pada 2019 per hari bisa sekitar 1.200 penumpang, sekarang sudah 900 penumpang. Diprediksi jelang lebaran bisa mencapai 1.200 sampai 1.300 penumpang per hari,” ujarnya.

Baca Juga: Lima Bus Mudik Gratis Diberangkatkan dari TMII, 28 April. Akan Disambut Bupati Sri Mulyani

Atas peningkatan jumlah penumpang, sejumlah maskapai telah mengajukan permintaan extra flight. Operasional bandara pun bakal dioptimalkan. Sebelumnya operasional 12 jam, ke depan bisa menjadi 18-24 jam.

Pada lebaran tahun ini, diperkiarakan 8,9 juta orang akan mudik menggunakan pesawat atau sekitar 10 persen dari total pemudik yang diprediksi mencapai 85,5 juta orang.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X