Presiden: Masyarakat Boleh Lepas Masker di Area Terbuka

- Selasa, 17 Mei 2022 | 20:52 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers terkait pelonggaran penggunaan masker, khususnya di tempat umum, Selasa (17/5/2022).  (Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers terkait pelonggaran penggunaan masker, khususnya di tempat umum, Selasa (17/5/2022). (Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Pemerintah melonggarkan kebijakan pemakaian masker di area terbuka. Presiden Jokowi mengatakan pelonggaran itu dengan mempertimbangkan pandemi Covud-19 yang terkendali.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia makin terkendali, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Namun, pelonggaran aturan pemakaian masker hanya berlaku di luar ruangan dan bukan di ruangan tertutup atau transportasi massal.

Baca Juga: Soroti Pembangunan Waterpark Jebres, Gibran: Lambat!

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, boleh tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker," ungkap Presiden.

Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," tambah Presiden.

Baca Juga: Kejari Karanganyar Temukan Potensi Kerugian Negara Dugaan Penyimpangan Bumdes Berjo Rp 700 Juta

Selanjutnya, bagi pelaku perjalan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap juga tidak perlu melakukan tes usap.

"Bagi pelaku perjalan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen," kata Presiden. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kloter 43 Tiba di Tanah Air, Pemulangan Haji Tuntas

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:24 WIB
X