Menteri PPPA Gandeng UGM Sukseskan Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

- Rabu, 18 Mei 2022 | 13:02 WIB
Menteri PPPA  I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono bertukar cinderamata. (SMSolo/Mera)
Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono bertukar cinderamata. (SMSolo/Mera)

SLEMAN, suaramerdeka-solo.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengajak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bekerja sama menyukseskan program Kementerian PPPA.

Hal itu ditegaskan pada Courtesy meeting antara Menteri PPPA dengan Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng di ruang Multimedia 1 Gedung Pusat UGM Lantai 3, Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta, Selasa (17/5/22).

"Kami datang UGM untuk mendiskusikan program kolaborasi yang telah dan akan dilakukan untuk pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Semoga pertemuan ini menghasilkan gerakan nyata yang menyelesaikan isu dan permasalah," kata Menteri PPPA.

Baca Juga: Adiknya Dinikahi Ketua MK, Presiden Jokowi Jadi Wali

Menurutnya, Kementerian PPPA tidak bisa berjalan sendiri menyelesaikan permasalahan terkait perempuan dan anak, butuh peran pihak lain termasuk akademisi dan para pakar sesuai bidangnya.

Desember 2021 lalu, Kementrian PPPA merilis hasil survei pengalaman hidup perempuan 2021, prevalensi kekerasan fisik dan seksual pada perempuan oleh pasangan turun 7,3 persen dalam kurun waktu 5 tahun.

Baca Juga: Proyek Waterpark Jebres Disoal Gibran, Investor Mengaku Alami Kesulitan Teknis

Namun, ada kenaikan prevalensi kekerasan seksual selain pasangan dari 4,7 persen pada 2016, menjadi 5,2 persen pada tahun 2021.

Survei nasional hidup anak dan remaja menyebutkan, 4 dari 100 anak laki-laki usia 13-17 tahun di perkotaan pernah mengalami kekerasan seksual.

Angka di pedesaan lebih rendah yakni 3 dari 100 anak. Untuk anak perempuan angkanya dua kali lipat, yakni 8 dari 100 anak pernah mengalami kekerasan seksual.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2.219 Warga Terdampak Erupsi Semeru Mengungsi

Senin, 5 Desember 2022 | 21:28 WIB

Bus Wisata Masuk Jurang di Magetan, Tujuh Orang Tewas

Minggu, 4 Desember 2022 | 21:17 WIB

Warga Panik, Semeru Luncurkan Awan Panas hingga 7 Km

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:58 WIB

DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Panglima TNI

Sabtu, 3 Desember 2022 | 07:25 WIB
X