Cuaca di Arab Capai 50 Derajat Saat Puncak Haji, Ini Doa Agar Panas Matahari Terasa Sejuk

- Jumat, 27 Mei 2022 | 09:45 WIB
Sejumlah jemaah haji menggunakan payung agar terhindar dari panas di Arab Saudi. Jemaah haji disarankan melafal doa agar cuaca panas terasa sejuk. (suaramerdeka.com/IST)
Sejumlah jemaah haji menggunakan payung agar terhindar dari panas di Arab Saudi. Jemaah haji disarankan melafal doa agar cuaca panas terasa sejuk. (suaramerdeka.com/IST)

suaramerdeka-solo.com - Suhu di Arab Saudi saat puncak Ibadah Haji 2022 diperkirakan mencapai 50 derajat celcius.

Menag Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan agar calon jemaah haji menyiapkan fisik dan menjaga stamina. Serta rutin meminum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

"Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40 - 44 derajat celcius. Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius,'' ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: Puncak Haji, Suhu di Saudi Bisa Mencapai 50 Derajat Celcius, Ini Pesan Menag

Menag berharap jemaah mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan.

Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrim, suhu udara yang ekstrim," ujarnya.

Selain dengan cara itu, ada doa yang bisa dilafalkan oleh para jemaah haji agar cuaca panas di Arab Saudi saat pelaksanaan ibadah haji 2022 terasa sejuk di badan.

Baca Juga: Hari Ini MUI Putuskan Fatwa Soal Hewan Terpapar PMK Boleh Tidak Untuk Kurban

Begini doanya :

اللهم خفف عنا وعن المسلمين، اللهم قِنا شر هذا الحر واحمنا منه ومما يحمل من أذى، اللهم لا تجعل فيه المرض ولا الهلاك لأحدٍ من عبادك، اللهم خفف حرارة الشمس وأثرها علينا، اللهم أجرنا من نار جهنم يا رحيم، اللهم أجرنا من حر جهنم يا غافر الذنب وقابل التوبة يا غفور يا رحيم.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X