Migrasi TV Digital, Yang Masih Pakai TV Analog Segera Lengkapi dengan STB jika Tidak Ingin Gambar Hilang

- Sabtu, 4 Juni 2022 | 11:56 WIB
Ilustrasi STB TV Analog. (pixelab)
Ilustrasi STB TV Analog. (pixelab)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate meminta seluruh pemerintah daerah mengimbau masyarakat yang masih menggunakan TV Analog agar segera melengkapinya TV-nya dengan perangkat set top box (STB).

Hal itu dikatakan Johnny G Plate pada rapat koordinasi yang digelar Kementerian Kominfo secara daring melalui siaran Pers Kominfo, Jumat (3/6/22).

Saat ini, Kementerian Kominfo sudah mulai menjalankan proses Analog Switch Off (ASO), yakni migrasi siaran TV Analog ke siaran TV digital.

Baca Juga: Klinik Polres, Kodim dan Puskesmas Sukoharjo Dapat Penghargaan Bupati

Bahkan di beberapa daerah, siaran analog telah dimatikan dan sepenuhnya sudah beralih ke saluran digital.

Saat ASO sudah diterapkan secara nasional, maka TV Analog yang tidak dilengkapi STB tidak dapat menerima siaran.

"Kami meminta seluruh Pemda untuk segera mensosialisasi migrasi ke TV digital ini, karena nanti jika siaran digital sudah diterapkan sepenuhnya, gambar di TV Analog hanya layar hitam,’’ kata Menkominfo.

Baca Juga: Gara-gara Kucing, Ibu dan Anak di Cilacap Terancam Penjara 7 Tahun, Kok bisa?

Saat ini, Kementerian Kominfo sedang mendata rumah tangga miskin penerima bantuan STB. Pendataan dilakukan bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Sosial melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Dinas Sosial masing-masing daerah.

"Bantuan STB diberikan by name by address, jadi dipastikan tepat sasaran. Kriteria penerima antara lain, punya TV Analog dan menikmati siaran TV melalui terestrial, lokasi rumah di lokasi siaran TV digital. Satu rumah hanya menerima 1 unit STB,’’ kata Johnny.

Baca Juga: Pamit Merokok, Jemaah Umrah Asal Blora Hilang

Bagi masyarakat yang mampu, dipersilahkan membeli STB bersertifikat Kominfo secara mandiri. Bisa dibeli di market place secara daring, maupun toko-toko penyedia unit STB. Dia berharap, permintaan STB tidak krodit saat ASO diterapkan. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mercon Meledak di Magelang. 1 Tewas 11 Rumah Rusak

Senin, 27 Maret 2023 | 10:50 WIB
X