HI Unisri Gelar Guest Lecture Bertema Hukum Adat. Ini yang Mereka Diskusikan

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 16:55 WIB
Unisri menggelar Guest Lecture Bertema Hukum Adat. (SMSolo/dok)
Unisri menggelar Guest Lecture Bertema Hukum Adat. (SMSolo/dok)

SOLO,suaramerdeka-solo.com - Laboratorium Diplomasi dan Kerjasama Internasional Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Guest Lecture bertema "Papua Bicara: Masyarakat Adat di Mata Hukum Internasional."

Menurut Dosen Hubungan Internasional (HI) Ini sri Satria Rizaldi Alchatib, SIP MA, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan mengenai konsep dan pandangan masyarakat adat di mata hukum internasional.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini menghadirkan Political Analysis and Public Policy, HSE Moscow dan Co-Founder Yayasan Mikluho-Maklay Papua Agustinus Yahya Tenoue.

Baca Juga: Agenda G20, Sejumlah Duta Besar Kunjungi Sentra Industri Kreatif di Kabupaten Sukoharjo

Adapun bertugas sebagai moderator adalah Riski Mutu Hambalati Guest Lecture ini mengambil sub tema mengenai konsep masyarakat adat di hukum internasional.

Selain itu juga mengenai hukum masyarakat adat dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia, penegakan hukum masyarakat adat di Papua, dan dampak hukum masyarakat adat bagi keberlangsungan hidup masyarakat Papua.

Baca Juga: Khawatir Papua Lepas, Aliansi Masyarakat Solo Dukung Pemekaran Wilayah

Alfina mewakili dari elemen mahasiswa bertanya mengenai kapan adat istiadat di Indonesia bisa menjadi hukum adat dan kriteria seperti apa yang dapat diajukan untuk menjadi hukum adat.

Menanggapi pertanyaan tersebut Agustinus menjelaskan bahwa masyarakat adat lahir dari sebuah teritori sebelum merdekanya suatu negara.

Meskipun hukum adat tidak tertulis akan tetapi harus tetap dihormati dan mendapat legitimasi sebagai bentuk perlindungan atas hak-hak masyarakat adat.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bulan Suro, Harga Cabai Mulai Turun

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:05 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Tunggu Sidang Kode Etik

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:32 WIB
X