Isi Kantong ASN Bakal Tebal! Gaji ke-13 dan Tukin Cair Mulai 1 Juli

- Rabu, 29 Juni 2022 | 12:49 WIB
Tinggal tiga hari lagi gaji 13 untuk PNS, PPPK CPNS, TNI, Polri hingga Pensiunan akan dicairkan. (Pixabay/Robert Lens)
Tinggal tiga hari lagi gaji 13 untuk PNS, PPPK CPNS, TNI, Polri hingga Pensiunan akan dicairkan. (Pixabay/Robert Lens)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Pemerintah pusat memberikan kabar gembira bagi PNS dan pensiunan. Yakni gaji ke-13 dan tunjangan kinerja (Tukin).

Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp35,5 triliun untuk pembayaran gaji ke-13 ASN dan pensiunan yang dicairkan mulai 1 Juli 2022.

"Anggaran untuk pembayaran gaji ke-13 dalam hal ini sudah disediakan dalam APBN tahun 2022," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Baca Juga: Hari Pertama Buka, Pasar Hewan di Klaten Sepi

Ia memerinci anggaran tersebut meliputi sebanyak Rp11,5 triliun untuk ASN pusat, TNI, dan Polri yang berasal dari belanja kementerian dan lembaga.

Kemudian, sekitar Rp15 triliun diberikan untuk ASN daerah. Yakni pegawai negeri sipil daerah (PNSD) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan dapat ditambahkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022, sesuai kemampuan fiskal dari pemerintah daerah masing-masing.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertolak ke Ibu Kota Ukraina Naik Kereta Api. Kemenlu Intens Komunikasi

Sementara anggaran gaji ke-13 untuk pensiunan berasal dari alokasi Bendahara Umum Negara (BUN) sebesar Rp9 triliun.

Dijelaskan, pemerintah mencairkan gaji ke-13 untuk ASN dan pensiunan yang juga meliputi tambahan 50 persen tunjangan kinerja.

"Perbedaan dari tahun 2021 adalah gaji ke-13 tahun ini ditambah dengan 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi mereka yang memang mendapatkan tunjangan kinerja," katanya dilansir dari Antara.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X