Halangi Penangkapan Mas Bechi, Polda Jatim Tetapkan 5 Tersangka

- Jumat, 8 Juli 2022 | 20:15 WIB
5 Orang Ikut Jadi Tersangka Karena Halangi Polisi Tangkap Mas Bechi. (Ilustrasi/PR)
5 Orang Ikut Jadi Tersangka Karena Halangi Polisi Tangkap Mas Bechi. (Ilustrasi/PR)

SURABAYA, suaramerdeka-solo.com - Direktorat Kriminal Umum Polda Jatim menetapkan lima tersangka terkait penangkapan MSAT alias Mas Bechi.

Dirkrimum Polda Jawa Timur, Kombes Pol Totok Suharyanto mengatakan kelima tersangka dinilai telah menghalangi upaya penegakan hukum saat polisi akan menjemput paksa DPO kasus pencabulan Mas Bechi.

"(Ada) 320 yang telah kita amankan, penyidik telah menetapkan lima tersangka. Satu tersangka yang tanggal 5 juli, kemudian empat tersangka kemarin yang hari kamis," ungkap Totok.

Baca Juga: Mas Bechi Dijebloskan ke Ruang Isolasi Rutan Medaeng

Penetapan tersangka itu khususnya berkaitan dengan perbuatan mencegah, merintangi proses penyidikan dalam konteks ini adalah saat dilakukan tahap dua.

Totok menyebut kelima tersangka dijerat Pasal 19 Undang-Undang 12 Tahun 2022 berkaitan dengan perbuatan mencegah merintangi proses penyidikan. Mereka diancam dengan kurungan 5 tahun penjara.

Sementara untuk 315 orang lain yang sempat diamankan, lanjut Totok, pihak kepolisian akan memulangkan mereka lantaran masih sebatas saksi untuk dimintai keterangan.

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia, Usai Ditembak Saat Kampanye  

"Perbuatan mencegah, merintangi proses penyidikan, dalam konteks ini adalah saat dilakukan tahap dua ancaman hukuman 5 tahun. Kemudian terhadap 315 yang kita amankan, statusnya masih saksi dan siang ini kita pulangkan," jelasnya dilansir dari PMJNews.

Diberitakan sebelumnya, Polda Jawa Timur mengamankan ratusan simpatisan yang sempat menghalangi proses penangkapan MSA (42), tersangka kasus pencabulan santriwati di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X