Terdengar Ledakan, Ini Kronologi Jatuhnya Pesawat Tempur T-50i Golden Eagle di Blora

- Selasa, 19 Juli 2022 | 11:13 WIB
Lokasi Jatuhnya Pesawat Golden Eagle di Blora, Berada di Lahan Garapan Petani Hutan, Jauh dari Pemukiman.  (Eko Wahyu Budi/suaramerdeka.com)
Lokasi Jatuhnya Pesawat Golden Eagle di Blora, Berada di Lahan Garapan Petani Hutan, Jauh dari Pemukiman. (Eko Wahyu Budi/suaramerdeka.com)

BLORA, suaramerdeka-solo.com – Sejumlah saksi mengungkapkan kronologi jatuhnya pesawat tempur T-50i Golden Eagle di Pertapan, Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora.

Warga di sekitar lokasi kejadian mengaku mendengar suara meraung-raung di udara, kemudian disusul adanya suara ledakan keras, Senin (18/7/2022) malam.

Salah satu saksi mata, Paryono (51) warga Desa Nginggil mengaku awalnya ia mendengar suara seperti ledakan. Setelah itu ada suara pesawat yang meraung-raung suaranya.

Baca Juga: Sebuah Pesawat Jatuh di Blora. Diduga Pesawat Latih TNI AU

‘’Kemungkinan pesawatnya ada 2, itu radiusnya 4 kilometer dari pemukiman warga,’’ kata Paryono, Senin (18/7/2022) malam, dikutip dari suaramerdeka-blora.com.

Menurutnya peristiwa jatuhnya pesawat tempur T-50i Golden Eagle itu terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Setelah itu, banyak warga yang mendekati lokasi kejadian.

Tak lama kemudian, ratusan TNI AU diterjunkan dalam proses pengamanan dan evakuasi pesawat yang jatuh di Pertapan, Desa Nginggil, Kradenan, Blora.

Baca Juga: Jenazah Korban Pesawat Jatuh di Blora Sulit Diidentifikasi

Persisnya di lahan pesanggem atau lahan petani hutan Desa Nginggil. Jaraknya jauh dari pemukiman warga. Proses evakuasi terus dilakukan dengan pengamanan ketat.

‘’TNI AU tengah melakukan evakuasi dan pengamanan di lokasi jatuhnya pesawat tempur T-50i Golden Eagle,’’ kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang.

Dalam keterangan tertulis, Dispen AU menjelaskan Pesawat Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun yang diawaki satu penerbang, dilaporkan mengalami kecelakaan saat melakukan latihan Night Tactical Intercept, Senin 18 Juli 2022.

Baca Juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat Golden Eagle dekat Pertapaan Mbah Suro Nginggil yang Dikenal Angker

“Pesawat tail number TT 5009 take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB untuk melakukan latihan terbang malam,” ujar Dispen AU.

Selanjutnya pukul 19.25 WIB pilot masih melakukan kontak dengan flight director, namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak.

Sebelumnya, ada informasi dari petugas dan masyarakat, adanya temuan benda logam yang ternyata merupakan bagian dari pesawat Golden Eagle. Pasca kejadian, pihaknya langsung melakukan pengamanan dan evakuasi.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X