55 WNI yang Disekap Di Kamboja Sudah Dibebaskan, 5 Masih Dalam Proses

- Minggu, 31 Juli 2022 | 15:55 WIB
Menlu Retno Marsudi menyatakan 55 WNI yang disekap di Kamboja sudah dibebaskan dalam kondisi selamat.  (Instagram / @retno_marsudi)
Menlu Retno Marsudi menyatakan 55 WNI yang disekap di Kamboja sudah dibebaskan dalam kondisi selamat. (Instagram / @retno_marsudi)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membenarkan bahwa WNI yang disekap di Kamboja telah dibebaskan.

Dikutip dari laan Kemlu disebutkan, sejak menerima informasi mengenai kondisi WNI tersebut, berbagai upaya untuk melakukan evakuasi dan mengamankan para WNI terus dilakukan.

"Kemarin, Jumat, 29 Juli 2022, saya melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negeri Kamboja untuk meminta bantuan agar para WNI tersebut dapat segera dikeluarkan dengan selamat dari tempat penyekapan secepat mungkin," ujar Menlu Retno Marsudi.

Baca Juga: 55 WNI yang Disekap di Kamboja Dibebaskan

Menlu Kamboja Prak Sokhoon lagsung memberikan respon dan langsung menyampaikan akan berkoordinasi dengan kepolisian Kamboja mengenai masalah ini.

"Alhamdulillah tim khusus Kamboja telah berhasil menyelamatkan para WNI dan membawa 55 orang WNI ke tempat aman. Sekali lagi, sementara itu 5 WNI lainnya masih dalam proses. Ke-55 WNI tersebut semuanya dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Pengacara Brigadir J Sebut Ketika Kepala Dibuka Otaknya Tidak Ditemukan. Lalu Dimana?

Koordinasi akan juga kita lakukan just in case ada kasus serupa yang saat ini juga dialami WNI di Kamboja. Tim KBRI juga sudah berada di Sihanoukville guna membantu evakuasi.

Pasca evakuasi ke lokasi aman, akan dilakukan sejumlah langkah. Di antaranya
menerima penyerahan WNI di KBRI Phnom Penh dan akan dipindahkan dari Sihanoukville ke Phnom Penh.

Baca Juga: STNK Mati Pajak Dua Tahun Datanya akan Dihapus dan Dianggap Bodong

Serta staf KBRI akan melakukan wawancara berdasarkan screening indikasi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan selanjutnya akan direpatriasi ke Indonesia."

"Izinkan pada kesempatan ini saya sampaikan penghargaan dan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah dan otoritas Kamboja atas kerja sama dan bantuan." **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X