Seorang Siswi di SMAN 1 Banguntapan Diduga Dipaksa Memakai Jilbab, Dikabarkan Depresi Berat

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:05 WIB
Ilustrasi siswi berjilbab. Seorang siswi di SMAN 1 Banguntapan dikabarkan depresi berat kareena dipaksa mengenakan jilbab. (SMSolo/dok Kemenag)
Ilustrasi siswi berjilbab. Seorang siswi di SMAN 1 Banguntapan dikabarkan depresi berat kareena dipaksa mengenakan jilbab. (SMSolo/dok Kemenag)

BANTUL, suaramerdeka-solo.com - Seorang siswi di SMAN 1 Banguntapan diduga dipaksa memakai jilbab. Kasus tersebut mendapat perhatian dari Ombudsman.

Kasus itu berawal dari seorang siswi baru kelas X SMAN 1 Banguntapan, Kabupaten Bantul yang menangis di kamar mandi sekolah selama satu jam pada Selasa (19/7).

Tim Ombudsman DIY yang saat itu tengah melakukan pemantauan PPDB di sekolah setempat menerima informasi itu kemudian langsung meminta penjelasan kepada kepala sekolah.

Baca Juga: Tiba di Bareskrim, Irjen Ferdy Sambo Minta Maaf dan Ucapkan Belasungkawa atas Meninggalnya Brigadir J

"Kepala sekolah mengundang guru BK-nya kemudian terkonfirmasi betul ada siswa yang menangis di toilet sekolah selama satu jam, tetapi kondisinya sudah proses menenangkan diri di UKS," kata Kepala ORI Perwakilan DIY-Jateng Budhi Masturi dilansir dari Antara.

Saat itu oleh pihak sekolah disampaikan, siswi tersebut sedang mengalami masalah keluarga.

Berikutnya pada Rabu (20/7) pagi, Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan Yogyakarta (AMPPY) bersama orang tua siswi itu melaporkan bahwa salah seorang siswi Muslim kelas X SMAN 1 Banguntapan Bantul, DIY mengalami depresi berat karena dipaksa mengenakan jilbab saat masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

Baca Juga: Usai Ditetapkan sebagai Tersangka, Bharada E Ditahan di Rutan Bareskrim

Siswi itu juga dilaporkan sempat mengurung diri di kamar kediamannya dan enggan berbicara dengan orang tuanya.

"Jadi pada Rabu pagi itulah orang tuanya melaporkan. Karena ada komunikasi (BK) lewat WA yang mengindikasikan ada kaitannya dengan pemakaian atau pemanggilan BK (terhadap siswi) itu," ujar Budhi.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bulan Suro, Harga Cabai Mulai Turun

Rabu, 10 Agustus 2022 | 16:05 WIB

Pemecatan Ferdy Sambo Tunggu Sidang Kode Etik

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:32 WIB
X