Wow Keren, Reverse Osmosis Buatan ITB Bikin Air Kran Serasa Air Zamzam

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:43 WIB
Ilustrasi air jernih. (SMSolo/pixabay)
Ilustrasi air jernih. (SMSolo/pixabay)

BANDUNG, suaramerdeka-solo.com – Sebuah alat penjernih air buatan para ilmuwan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diberi nama Reverse Osmosis, mampu meningkatkan kualitas air.

Alat buatan ITB digunakan untuk menyuplai air bersih di pesantren-pesantren. Teknologi Reverse Osmosis diharapkan bisa meningkatkan kesehatan air yang dikonsumsi para santri.

‘’Saya tidak paham teknologinya, tetapi rasanya kok mirip air Zamzam,’’ kata Nazmi (30) santri asal Garut, usai mencoba meminum air yang dijernihkan dengan Reverse Osmosis buatan ITB.

Baca Juga: Gunakan Mobil Water Canon, Polres Sukoharjo Dropping Air Bersih Untuk Warga Kecamatan Bulu

Wakal Salman, sebuah lembaga legal di bawah naungan Yayasan Pembina Masjid Salman ITB berharap alat tersebut bisa meringankan krisis air layak minum terutama di pesantren.

General Manager Wakaf Salman, Gungun Saptari Hidayat mengatakan, Wakaf Salman sudah menyalurkan mesin Reverse Osmosis ke fasilitas publik seperti masjid dan fasilitas pendidikan.

‘’Sedikitnya sudah 22 alat Reverse Osmosis disalurkan atas kerja sama dengan berbagai pihak. Jadi bentuknya para donatur menitipkan uang. Nah, untuk program air bersih ada sumbangan mesin Reverse Osmosis,’’ kata Gungun.

Baca Juga: Ganjar Ajak Warga Cepogo, Boyolali Merawat Bersama Sumber Air

Dia menambahkan, salah satu sumbangan mesin tersebut diberikan kepada Ponpes Mahasiswa Universal yang berada di Jalan Desa Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Sebelumnya, Wakaf Salman membuat MoU dengan Nahdlatul Ulama untuk memberikan sumbangan tersebut. Wakaf Salman berterima kasih kepada JNE Bandung atas bantuan wakafnya, sehingga alat itu bisa disalurkan ke pesantren-pesantren.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 | 19:35 WIB

Pospenas IX 2022 Solo Ditutup dengan Bersholawat

Sabtu, 26 November 2022 | 17:45 WIB
X