Underpass di Simpang Joglo Solo Butuh Rp 400 Miliar untuk Pembebasan Lahan

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:27 WIB
Kereta api melintas di perlintasan Joglo Solo yang menjadi lokasi proyek pembangunan rel layang, Rabu (10/8/2022).  (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Kereta api melintas di perlintasan Joglo Solo yang menjadi lokasi proyek pembangunan rel layang, Rabu (10/8/2022). (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pemerintah Pusat menyiapkan pembebasan lahan untuk mendukung pembangunan underpass dan penataan kawasan simpang Joglo, Solo.

Diprediksi pembebasan lahan itu membutuhkan anggaran sedikitnya Rp 400 miliar.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY, Wida Nurfaida menjelaskan, pembangunan underpass tersebut dibutuhkan sebagai bagian dari konstruksi rel layang (elevated railway) yang kini sedang didirikan di simpang Joglo.

Underpass tersebut akan dibangun di bawah rel layang.

Baca Juga: Pembangunan Rel Layang di Joglo, Masih Banyak Kendaraan Berat yang Nyelonong

“Saat ini konsultan independen sedang merekapitulasi lahan-lahan terdampak. Hasilnya akan keluar akhir Agustus,” ungkap Wida, usai audiensi dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota, Rabu (10/8/2022).

Meski belum mengetahui detail luasan lahan terdampak, Wida memprediksi jika pembebasan lahan itu membutuhkan dana tak kurang Rp 400 miliar.

“Sebenarnya pembebasan lahan seperti umumnya, ada tanah, bangunan dan tanaman yang akan dikompensasi. Hanya semua objeknya berada di kawasan premium, semua di jalan nasional. Dari Jalan Ki Mangunsarkoro menuju Jalan Sumpah Pemuda.”

Baca Juga: Terdampak Proyek Rel Layang, Pasar Joglo Solo Segera Dibongkar

Prediksi kebutuhan anggaran pembebasan lahan itu, menurut Wida, bahkan melebihi perkiraan biaya proyek pembangunan underpass yang berkisar Rp 250 miliar.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:51 WIB

Kapolri Takziah ke Rumah Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:17 WIB
X