Kabar Gembira! Pemkab Wonogiri akan Subsidi Inseminasi Buatan untuk Sapi

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:37 WIB
Petugas Dislapernak Kabupaten Wonogiri memeriksa ternak sapi di wilayah Kecamatan Baturetno, beberapa waktu lalu.  (SMSolo/Khalid Yogi)
Petugas Dislapernak Kabupaten Wonogiri memeriksa ternak sapi di wilayah Kecamatan Baturetno, beberapa waktu lalu. (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Wonogiri berencana membiayai inseminasi buatan (IB) untuk sapi, mulai 2023 mendatang.

Subsidi tersebut diberikan dengan menggratiskan harga sperma, sarana dan prasarana penyuntikan. Para peternak cukup membayar Rp 30.000 untuk jasa penyuntikan oleh petugas kesehatan hewan.

Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo mengatakan, pihaknya akan mengalokasikan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk membiayai inseminasi buatan tersebut. Adapun populasi sapi di Wonogiri mencapai sekitar 170.000 ekor jantan dan betina.

Baca Juga: Antisipasi PMK, Peternak Sapi di Boyolali Gunakan Jamu Herbal

Subsidi inseminasi buatan dilakukan karena populasi sapi di Wonogiri merupakan yang tertinggi ke dua se-Jawa Tengah.

Hal itu menjadi potensi ekonomi yang besar untuk masyarakat. Subsidi inseminasi buatan juga dilakukan untuk menjaga populasi sapi di Kabupaten Wonogiri.

Terpisah, kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) Kabupaten Wonogiri Sutardi mengatakan, para peternak sebelumnya harus membayar Rp 60.000 untuk sekali inseminasi buatan.

Baca Juga: Seluruh Pasar Hewan Wonogiri Ditutup, Peternak Mengeluh. Dunia Digital Jadi Alternatif?

"Mulai 2023 nanti, sarana, prasarana dan spermanya dibiayai Pemkab. Sehingga peternak hanya membayar Rp 30.000 untuk jasa petugas," terangnya.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:51 WIB

Kapolri Takziah ke Rumah Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:17 WIB
X