Kabareskrim Sesalkan Tindakan Kuasa Hukum Bharada E Dahului Penyidik

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:40 WIB
Komjen Pol Agus Andrianto (SMSolo/dok Polri)
Komjen Pol Agus Andrianto (SMSolo/dok Polri)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.comKabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menyesalkan tindakan kuasa hukum Bharada E, Deolipa Yumara yang membuat pernyataan mendahului penyidik.

Bahkan, kesediaan Bharada Richard Eliezer (Bharada E) membuat pernyataan kesaksian kasus tewasnya Brigadir J yang ditulis sendiri di atas materai, seolah-olah hasil kerjanya. Padahal dia baru saja menjadi kuasa hukum Bharada E.

Padahal, menurut Kabareskrim, kesediaan Bharada E bersaksi dan membuat pernyataan itu dilakukan dengan usaha keras penyidik. Salah satunya dengan menghadirkan ayah Bharada E untuk mendampingi saat pemeriksaan.

Baca Juga: Hanya Melaksanakan Perintah, Bagaimana Peluang Bharada E Lolos dari Jerat Hukum? Ini Kata Mahfud MD

Kabareskrim menambahkan, timsus dan penyidik Bareskrim Mabes Polri melakukan upaya maksimal untuk mendapatkan keterangan sebanyak-banyaknya dari Bharada E, untuk mengungkap kasus tewasnya Brigadir J di rumah Kadiv Propam.

Hal itu mengingat Bharada E, merupakan saksi kunci yang berada di lokasi saat kejadian dan mengetahui proses terjadinya penembakan. Saat itu, Bharada E dalam kondisi ketakutan, sehingga dia butuh ketenangan agar mau bersaksi.

‘’Usaha maksimal kami lakukan agar saksi kunci Bharada E mau bersaksi tentang peristiwa itu, sampai-sampai kami menghadirkan ayahnya untuk mendampingi. Tiba-tiba dia (kuasa hukum) membuat pernyataan seolah-olah itu karena kerja dia,’’ kata Agus Andrianto di hadapan awak media, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Bharada E Tulis Sendiri Kejadian Pembunuhan Brigadir Yosua

Namun, Kabareskrim tidak memperpanjang pernyataannya. Dia segera berlalu meninggalkan awak media yang berusaha mendapatkan keterangan perkembangan terbaru proses penanganan kasus tewasnya Brigadir J.

Saat konferensi pers yang dipimpin Kapolri, Kabareskrim menjelaskan bahwa Bharada E sudah membuat surat pernyataan yang ditulis sendiri di atas materai, berisi kesaksiannya saat terjadi penembakan Brigadir J.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lord Rangga Sunda Empire Meninggal di Brebes

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:30 WIB
X