200 Ribu Bibit untuk Tiga Daerah Solo Raya, Jokowi Tanam Kelapa Genjah di Giriroto

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Presiden Jokowi secara simbolis menanam bibit kelapa genjah di areal pertanian Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Presiden Jokowi secara simbolis menanam bibit kelapa genjah di areal pertanian Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Boyolali, Kamis (11/8/2022). Pada kesempatan itu, Jokowi secara simbolis menanam bibit kepala genjat di lahan Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak.

Turut hadir antara lain, Mensesneg Pratikno, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Gubernur Ganjar Pranowo, Bupati dan Wabup Boyolali, M Said Hidayat dan Wahyu Irawan, serta undangan lainnya.

Sebelumnya, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan diri menyapa dan bercengkerama dengan warga yang telah berkerumun sejak pagi. Presiden juga membagikan paket sembako dan kaos. Warga antusias menyambutnya.

Baca Juga: Jordan Rudess Undang Presiden Jokowi Nonton Konser Dream Theater di Manahan

Jokowi mengajak masyarakat aktif memanfaatkan lahan kosong. Contoh sederhana, masyarakat bisa menanam cabai di pekarangan rumah atau polybag, sehingga bisa mengurangi belanja dapur.

Menurut Jokowi, persoalan pangan harus mendapatkan perhatian serius. Apalagi saat ini, dunia sedang dilanda krisis pangan. Sebanyak 300 juta lebih penduduk berada pada kekurangan pangan akut dan kelaparan.

“Di beberapa negara sudah mulai terjadi. Diperkirakan, kalau tak ada solusi maka jumlahnya bisa meningkat menjadi 800 juta penduduk,” katanya.

Baca Juga: Lagi, Presiden Jokowi Komentar Kasus Brigadir J

Karena itu, pemerintah terus melakukan antisipasi. Salah satunya dilakukan melalui Kementan dengan menanam kelapa genjah.

Ada tiga kabupaten di Solo Raya yang mendapatkan program penananam 200 ribu bibit kelapa genjah. Yaitu, Boyolali sebanyak 46 ribu bibit, Karanganyar 44 ribu dan Sukoharjo 110 ribu.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X