Penyelenggaraan APG Ternyata Tak Picu Inflasi. Ini Alasannya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:25 WIB
Presiden Jokowi pada penutupan APG 2022, di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (06/08/2022) malam (Tangkapan Layar YouTube ASEAN Para Games 2022)
Presiden Jokowi pada penutupan APG 2022, di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (06/08/2022) malam (Tangkapan Layar YouTube ASEAN Para Games 2022)

SOLO Suaramerdeka-solo.com - Pesta olahraga ASEAN Para Games (APG) 2022 di Kota Bengawan telah berakhir Kendati memicu multiplier effect yang besar terhadap perekonomian di Kota Solo, namun event yang diikuti 11 negara ini diklaim tidak berpengaruh terhadap inflasi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, Totok Tavirijanto mengemukakan,
Sebab, event APG termasuk kegiatan yang sifatnya pendek. Alias tidak berlangsung lama.
Adapun inflasi dihitung selama sebulan penuh. Sehingga kenaikan harga yang terus menerus selama empat minggu akan terlihat dampaknya terhadap inflasi.

Baca Juga: Kasus Odong-odong Maut di Serang, Polres Serang Tetapkan Perakitnya Sebagai Tersangka

"APG ini hanya berlangsung di minggu pertama Agustus. Meskipun di minggu pertama itu terjadi kenaikan harga. Tapi kalau di minggu kedua dan seterusnya turun harga, maka tidak akan berdampak pada inflasi. Yang jelas terlihat, sisi ekonomi di Solo dan sekitarnya jauh lebih baik dibandingkan inflasinya," paparnya.

Dikatakan, untuk event seperti APG ini, sisi positifnya adalah mendorong terjadinya perputaran ekonomi. Ia mengakui jika sektor perhotelan yang paling menggeliat.

Baca Juga: Bupati Pemalang Diamankan KPK. Total Ada 23 Orang, Mulai dari Tukang sapu Hingga Pejabat

"Kamar terisi. Kebutuhan bahan makanan untuk food and beverage juga meningkat. Ini tentu sangat berdampak bagus terhadap bisnis perhotelan," ungkap Totok.

Totok mengaku pihaknya tidak melakukan tracking seberapa besar dampak event APG 2022 ini terhadap perhotelan di Kota Solo.

Baca Juga: Beri 27 Masukan, DPRD Sukoharjo dan Bupati Tandatangani Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD TA 2023

Humas BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Surakarta, Sistho A. Sreshtho membenarkan hal tersebut. Pihaknya bahkan berharap event semacam APG dapat rutin diselenggarakan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Bakal Periksa Ketua MA dalam Kasus Sudrajat Dimyati?

Senin, 26 September 2022 | 10:31 WIB

Asrama Polisi di Solo Baru Meledak, Satu Polisi Terluka!

Minggu, 25 September 2022 | 21:01 WIB

Korsleting, Rumah dan Mobil di Sragen Ludes Terbakar

Minggu, 25 September 2022 | 17:40 WIB

Belum Terima Dipecat, Ferdy Sambo Kini Ajukan PTUN

Sabtu, 24 September 2022 | 14:36 WIB
X