Status Belum Jelas, Alasan LPSK Tak Memberikan Perlindungan ke Istri Ferdy Sambo

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 20:57 WIB
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo (SMSolo/dok LPSK)
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo (SMSolo/dok LPSK)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Penghentian penanganan kasus dugaan pelecehan seksual yang dilaporkan Putri Candrawathi, dalam kaitan pembunuhan Brigadir J, membuat status hukum istri Ferdy Sambo belum jelas.

Belum jelasnya status hukum tersebut menjadi alasan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tidak memberikan perlindungan terhadap Putri Candrawathi.

“Permohonan ke LPSK itu kan berkaitan dengan pelaporan Bu PC (Putri Candrawathi) ke polisi, ya. Status hukumnya sampai kemarin kan belum jelas.

Baca Juga: Ditanya Soal Penetapan Ferdy Sambo sebagai Tersangka, Ini Kata Presiden Jokowi

‘’Nah, sekarang setelah jelas ya tentu saja LPSK tidak bisa memberikan perlindungan karena status hukumnya kan jadi membingungkan ini, apakah Bu PC itu korban atau dia berstatus lain,” kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo kepada awak media, Sabtu (13/8/2022).

Istri Ferdy Sambo tersebut awalnya mengajukan permohonan perlindungan ke LPSK, berkait laporannya waktu itu sebagai korban pelecehan Brigadir J, sebelum dikabarkan tewas ditembak di rumah dinas Kadiv Propram Polri.

Baca Juga: Laporan Dugaan Pelecehan Seksual Dihentikan, Istri Ferdy Sambo Buat Laporan Palsu dan Bisa Dipidana?

Hasto Amtojo memperkirakan, LPSK kemungkinan tak memberi perlindungan kepada Putri Candrawathi, karena kasus yang dilaporkannya saat ini tidak ada lagi, setelah Bareskrim Polri menghentikan penyidikan kasus itu.

“Kemungkinan besar (perlindungan tidak diberikan) karena kasusnya sendiri tidak ada. Jadi pidananya kan tidak ada itu, tindak pidana yang dia laporkan di mana dia mengaku sebagai korban itu tindak pidananya tidak ada, jadi tentu LPSK nggak bisa memberikan perlindungan,” tutur dia.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:51 WIB

Kapolri Takziah ke Rumah Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:17 WIB
X