Daerah Zona PPKM Darurat Dilarang Gelar Salat Idhul Adha dan Takbiran

Red
- Jumat, 2 Juli 2021 | 22:12 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas. /Instagram.com/@gusyaqut
Menag Yaqut Cholil Qoumas. /Instagram.com/@gusyaqut

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Kementerian Agama meniadakan takbiran dan salat Idhul Adha di zona PPKM Darurat.

Kementerian Agama menyiapkan surat edaran (SE) terkait pembatasan pergerakan masyarakat selama pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 H dan penyembelihan hewan kurban. Baik di dalam dan di luar wilayah PPKM Darurat.

"Dalam surat edaran yang akan segera kami bagikan, takbiran dan salat Idul Adha di zona PPKM Darurat ditiadakan. Penyembelihan hewan kurban akan dilakukan di tempat terbuka dan hanya disaksikan oleh mereka yang berkurban," ungkap Menag Yaqut Cholil dilansir dari laman Kemenag, Juamt (2/7/2021). 

Baca Juga: Ibu Menyusui Positif Covid-19, Bolehkah Memberikan ASI untuk Bayinya?

Menurut Gus Yaqut pihaknya baru saja membahas pembatasan pergerakan masyarakat bersama Menteri PMK, Menaker, Polri, MUI, DMI dan KemenPANRB.

"Keputusan rapat tadi adalah mengatur proses peribadatan selama Idul adha tahun ini dengan menghimpun masukan dari Menko PMK, Menaker, KemenPANRB, Polri, MUI dan DMI," sambung Menag.

Sebagaimana yang disampaikan Presiden kemarin, lanjut Menag, pelaksanaan Idul Adha mencakup tiga hal. Yakni takbiran, salat Idul adha, dan penyembelihan hewan kurban.

"Kemenag juga sudah membuat surat edaran khusus tempat ibadah untuk zona PPKM Darurat yang tidak hanya untuk umat Islam melainkan seluruh tempat ibadah agama lainnya. Surat edaran ini akan sia-sia bila tidak didukung oleh seluruh lapisan masyarakat," tandasnya. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Pengiriman Jamaah Umrah Dihentikan Sementara

Senin, 17 Januari 2022 | 10:08 WIB

Polda Jatim Buru Penendang Sesajen ke Lombok Timur

Selasa, 11 Januari 2022 | 15:35 WIB

Dosen UNJ Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK

Senin, 10 Januari 2022 | 20:21 WIB
X