Menkeu Siapkan Dana Rp 31 Triliun untuk Covid-19, Sinyal PPKM Darurat Diperpanjang?

- Selasa, 13 Juli 2021 | 10:48 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan kembali melakukan refocusing anggaran tahap ketiga karena ancaman Covid-19 makin serius.

Sri Mulyani menyatakan akan memfokuskan kembali atau refocusing dan merealokasi anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) sebesar Rp 26 triliun dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) senilai Rp 5 triliun atau total Rp 31 triliun untuk menangani pandemi COVID-19.

"Kita sedang mengidentifikasi sekitar Rp26 triliun (dari belanja K/L) plus another Rp5 triliun dari TKDD," katanya dalam raker bersama Banggar DPR RI di Jakarta, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: UNS Surakarta Gelar Doa Bersama Lintas Agama, Rektor: Ikhtiar dan Berdoa

Dikutip dari Antara, Ia menjelaskan sebelumnya pemerintah sudah melakukan refocusing dan realokasi tahap pertama yakni pada Februari 2021 dari belanja K/L sebesar Rp59,1 triliun dan TKDD Rp15 triliun.

Kemudian, refocusing dan realokasi tahap kedua dilakukan atas komponen tunjangan kinerja THR serta gaji ke-13 dalam belanja K/L sesuai PP Nomor 63 Tahun 2021 sebesar Rp12,1 triliun.

"Waktu itu, kami diprotes karena mengambil tukin dan nyatanya memang dibutuhkan raykat kita. Dana Rp12,1 triliun kita ambil untuk (menangani) COVID-19," tegasnya.

Baca Juga: Oksigen di Klaten Langka, Warga Kesulitan Untuk Mengisi Ulang

Sementara itu, ia mengatakan pemerintah juga telah melakukan earmarked TKDD sebesar Rp50,1 triliun untuk memperkuat penanganan pandemi di daerah seperti percepatan vaksinasi dan penebalan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Ia menjelaskan earmarked TKDD sebesar Rp50,1 triliun meliputi earmarking 8 persen DAU/DBH untuk dukungan operasional vaksinasi, inakesda, PPKM kelurahan dan lain-lain Rp35,1 triliun.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru sejak Tahun 1818

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:13 WIB
X