Badan Anggaran DPR Minta Pemerintah Siapkan Skenario Terburuk jika PPKM Darurat Tidak Efektif

- Selasa, 13 Juli 2021 | 11:55 WIB
Ketua Banggar DPR RI MH Said Abdullah. (SMSolo/dokparlemnetaria)
Ketua Banggar DPR RI MH Said Abdullah. (SMSolo/dokparlemnetaria)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - DPR RI meminta pemerintah menyiapkan dan menyusun skenario terburuk Worst Case Scenario (WCS) atau skenario terburuk bila PPKM Darurat tidak efektif.

Dikutip dari parlementaria, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI MH Said Abdullah menyatakan, pemerintah perlu menyusun WCS atau skenario terburuk, bilamana kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tidak cukup efektif menekan tingkat positif harian Covid-19.

Meski demikian, diakuinya WCS membutuhkan dukungan anggaran sangat besar sehingga ada konsekuensi pada perubahan arah kebijakan dan sasaran dari postur APBN 2021 dan Rancangan APBN 2022.

Baca Juga: Menkeu Siapkan Dana Rp 31 Triliun untuk Covid-19, Sinyal PPKM Darurat Diperpanjang?

"Mencermati keadaan dunia dan dalam negeri kita akibat Covid-19 dengan tingkat uncertainty tinggi, bila tidak terkelola dengan baik, akan berdampak luas terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan kesehatan rakyat," ujar Said.

Bila keadaan seperti ini berlangsung lama, kata dia, maka akan berkonsekuensi mendalam terhadap APBN. Sejauh ini, lanjut dia, skenario APBN ditahun 2021 dan 2022 adalah skenario pemulihan segala hal. Terutama sosial, ekonomi dan kesehatan.

Baca Juga: Bingung Masa Belaku SIM Habis saat PPKM Darurat? Tenang, Polres Sukoharjo Beri Kelonggaran

"Minggu lalu saya telah menyarankan pemerintah untuk mulai melakukan refocusing anggaran. Akan tetapi melihat situasi dan potensi risiko yang ada, selain refocusing, pemerintah perlu melakukan kebijakan kebijakan lebih jauh yang komprehensif."

Namun demikian, politisi PDI-Perjuangan mengingatkan jika harus membuat kebijakan-kebijakan lanjutan yang berdampak luas baik ekonomi, sosial dan kesehatan, termasuk dalam pelaksanaan WCS, pemerintah harus menjalin komunikasi dengan banyak pihak.

Termasuk dengan para pelaku bisnis dan keuangan, dengan persiapan waktu komunikasi yang cukup.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

UNS Berangkatkan Tim Satgas Bencana Semeru

Senin, 6 Desember 2021 | 18:02 WIB

Sejarah Panjang Letusan Gunung Semeru sejak Tahun 1818

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:13 WIB
X