Jelang Muktamar Muhammadiyah di Solo, Hampir Semua Hotel Penuh

- Minggu, 4 September 2022 | 18:35 WIB
Edutorium Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta akan digunakan sebagai venue Muktamar Muhammadiyah, 12-20 November 2022. (SMSolo/Setyo Wiyono)
Edutorium Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta akan digunakan sebagai venue Muktamar Muhammadiyah, 12-20 November 2022. (SMSolo/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada 18-20 November 2022 diperkirakan membuat hotel-hotel di Solo dan sekitarnya terisi penuh (fully booked).

Pejabat humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, Sistho A Sreshtho mengemukakan, peserta Muktamar berkisar 7-10 ribu orang.

Namun diprediksi, tamu pendamping dan penggembira dalam event itu juga banyak. Dia memperkirakan, totalnya mencapai tiga juta orang.

Baca Juga: Universitas Muhammadiyah Surakarta Tambah Dua Guru Besar

"Tidak hanya hotel-hotel di ring satu lokasi event saja yang penuh. Tapi semua hotel di Solo dan sekitarnya. Bahkan hotel di kota tetangga bakal ikut kecipratan," ujarnya.

Kapasitas kamar hotel di Solo dan sekitarnya diperhitungkan sekitar tujuh ribu kamar. Sistho menyebut, total tujuh ribu kamar terdiri atas berbagai tipe klasifikasi, baik hotel berbintang maupun tidak berbintang.

Namun jumlah termasuk belum termasuk guest house dan homestay.

Baca Juga: Mahasiswa Double Degree UMS di Korea Disambangi Sang Rektor

Sistho yang juga General Manager The Alana Hotel and Conventions Center mengaku hotelnya sudah penuh reservasi untuk periode Muktamar. Sebesar 80 persen sudah ter-booking. Sisanya, dicadangkan untuk tamu walk in saat hari H.

Hal tak jauh berbeda juga terjadi di Adhiwangsa Hotel and Convention Center.

"Hotel kami termasuk terdekat dengan lokasi Muktamar, jadi banyak digunakan untuk tamu-tamu VIP. Tapi kami juga masih siapkan beberapa kamar yang belum dipesan," papar General Manager Adhiwangsa Hotel and Convention Center, Darmanto.

Baca Juga: Tim Akpol Datangi UMS, Ada Apa?

Darmanto bahkan menolak beberapa event yang akan digelar di hotelnya saat periode penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah. Sebab, panitia Muktamar sudah booking hotelnya sejak jauh hari.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X