Rektor UNS Imami Shalat Idul Adha di Depan Garasi Rumahnya

- Selasa, 20 Juli 2021 | 09:14 WIB
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho mengimami shalat Idul Adha di depan garasi rumah pribadinya sekaligus menjadi khatib.(dok) (Evie Kusnindya)
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho mengimami shalat Idul Adha di depan garasi rumah pribadinya sekaligus menjadi khatib.(dok) (Evie Kusnindya)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof Dr Jamal Wiwoho melaksanakan sholat di depan garasi rumah pribadinya di Jl Manunggal 1 No 43 Sukorejo, Banjarsari, Solo.

Ia menjadi imam sekaligus khatib dalam shalat Id yang diikuti isteri, anak dan saudara yang berjumlah tujuh orang.

Prof Jamal mengemukakan, ia sengaja memilih shalat dengan sederhana dan hanya diikuti keluarga saja, sesuai imbauan pemerintah agar pelaksananan sholat Id  secara sederhana dan menghindari kerumunan.

Baca Juga: Gerbang Masuk Masjid Agung Surakarta Ditutup, Peserta Shalat Idul Adha Hanya Santri dan Kalangan Internal

"Suasana lebaran Idul Adha kali ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena hari ini semestinya jamaah haji seluruh dunia sedang melakukan wuquf di Padang Arofah, ini masih dalam suasana keprihatinan akibat pandemi covid 19 yang sedang parah," paparnya.

Dalam kotbahnya Prof Jamal menyatakan bahwa Idul Adha kali ini tidak ada luapan kegembiraan karena semua sedang berupaya untuk menghindari dari penularan pandemi Covid-19 yang mengganas terutama dengan ada varian baru.

Baca Juga: Hadapi Olimpiade, Bagas dan Tiga Pemanah Indonesia Mulai Coba Lapangan di Tokyo

"Mengatasi kondisi dewasa ini bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata mata, namun pandemi ini menjadi semua lapisan warga bangsa Indonesia."

Pria yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri indonesia ( MRPTNI) itu dalam khutbahnya menyampaikan, umat Islam harus menjadi tulung punggung dan garda terdepan untuk menyelamatkan diri sendiri, orang lain serta lingkungan.

"Karena itu mari kita viralkan ajakan kita 'jaga tangga' untuk menyelamatkan semua lapisan masyarakat Indonesia dan mengimbau agar menerima musibah pandemi Covid-19 ini dengan kewajaran, kesabaran, serta tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan disiplin 5M, " paparnya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

SAH! Pilkada Serentak Disepakati 27 November 2024

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:12 WIB

Dua Kelompok di Sorong Bertikai, Belasan Orang Tewas

Selasa, 25 Januari 2022 | 09:30 WIB

Mantan Kapolres Ogan Komeru Ulu Timur Ditahan

Senin, 24 Januari 2022 | 11:40 WIB

Viral. Video Pengusiran Haikal Hasan di Malang

Minggu, 23 Januari 2022 | 14:38 WIB

Dua Pasien Omicron Meninggal

Minggu, 23 Januari 2022 | 09:00 WIB

Kapolda Sumut Copot Kapolrestabes Medan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 17:25 WIB
X